Warga Manyar Sidorukun Gresik Terima CSR Sumur Bor dan Tower Air Bersih

Peresmian pengunaan sumur bor.

Gresik, Bhirawa.
PT Cargill Indonesia – Cocoa and Chocolate Gresik, berkomitmen mendukung pembangunan
berkelanjutan dalam penyediaan akses air bersih dan pembangunan fasilitas sanitasi.

Perusahaan pengolah biji kakao dan coklat yang berbasis di Gresik, menyerahkan bantuan pembangunan sumur bor dan tower air bersih kepada warga Desa Manyar Sidorukun, Kecamatan Manyar, dari bantuan program corporate social responsibility (CSR).

Bantuan diserahkan secara
simbolis oleh Adi Suprayitno, Admin & Relation Manager PT Cargill Indonesia Cocoa and Chocolate Gresik kepada Suudin, Kepala Desa Manyar Sidorukun, Kecamatan Manyar.

Dalam kesempatan itu, Adi Suprayitno berharap bantuan program CSR bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Manyar Sidorukun dan sekitarnya. Sebab, air bersih selama ini memang sangat ditunggu-tunggu.

Warga Manyar sidorukun, masih mengalami kesulitan dalam akses
fasilitas air bersih. Dikatakan, sumur bor dan tower air yang dibangun PT Cargill memiliki kapasitas debit air 2 liter per detik.

Dengan kemampuan produksi tersebut, pasokan air mampu mengaliri 200 sambungan rumah. Ini setara bisa dinikmati 700 jiwa untuk aktifitas mandi cuci kakus (MCK) dan kegiatan lainnya.

“Pendistribusian, pengaturan dan perawatan sumur bor dan tower air tersebut kedepannya akan dikelolah langsung secara mandiri oleh organisasi pengelolah sumber air di Desa Manyar Sidorukun,” kata Adi Suprayitno.

Pembangunan
berkelanjutan tersebut menjadi perhatian PT. Cargill Indonesia, sebab cargill adalah perusahaan yang bergerak di bidang pangan. Mempunyai komitmen dan tujuan untuk menyediakan gizi kepada dunia dengan cara yang aman, bertangsung jawab, dan berkelanjutan termasuk akses air bersih dan sanitasi.

“Bantuan program CSR, berupa fasilitas air bersih tersebut selain untuk pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat. Juga diharapkan turut mendukung program SDG’S Desa tujuan ke 6,
yaitu desa layak air bersih dan sanitisasi serta tujuan ke 3 Desa Sehat dan Sejahtera,” ungkap Admin & Relations Manager PT. Cargill Indonesia -Cocoa and Chocolate Gresik ini.

Di tempat yang sama Su’udin,
Kepala Desa Manyar Sidorukun mengatakan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih sekali kepada PT
Cargill Indonesia Cocoa and Chocolate Gresik. Atas bantuan pembangunan sumur bor dan tower air bersih di wilayahnya, Wilayah Desa Manyar Sidorukun berada di lokasi yang paling mendekati laut. Sehingga, tantangannya adalah sulitnya akses air bersih dan air cenderung asin.

“Melalu bantuan CSR
Cargill, tentunya masyarakat kami sangat terbantukan untuk kebutuhan air bersih,” kata Suudin. (kim)

Tags: