Warga Pantai Selatan Latihan Tanggap Darurat

Lumajang, Bhirawa
Sedikitnya 150 warga Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun yang lokasinya berada di pesisir selatan Kabupaten Lumajang mendapatkan pelatihan tanggap darurat kebencanaan yang digelarĀ  BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lumajang.
Warga yang mendapatkan pelatihan terdiri dari Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Ulama, pemuda dan relawan yang dibentuk di Desa setempat oleh BPBD Kabupaten Lumajang Pelatihan ini dikhususkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana tsunami yang bisa sewaktu-waktu menerjang wilayah pesisir Desa setempat. ”Pelatihan dimulai dengan memberikan sosialisasi secara umum agar masyarakat memahami apa, bagaimana dan dampak dari bencana tsunami,” jelas Rochani, Ssos Kepala BPBD Kabupaten Lumajang.
Setelah itu, dalam forum tersebut akan dibentuk struktur Desa Tangguh di Desa Wotgalih sebagai implementasi kesiapan tanggap darurat kebencanaan di sana. Lebih lanjut Rochani mengungkapkan dalam organisasi Desa Tangguh ini nantinya akan diberikan kelengkapan sarana, fasilitas dan juga pelatihan secara kontinyu.
Di antaranya sarana alat komunikasi dan lainnya. ”Jadi ketika bencana terjadi, organisasi Desa Tangguh sudah bisa berperan dengan menerapkan bagaimana cara bertindaknya. Apa berbuat apa dan siapa berbuat apa,” kata Rochani. [yat]

Tags: