Warga Pasar Larangan Sidoarjo Antusias Mengikuti Pengobatan Gratis

Bacabup Sidoarjo 2020 BHS dialog dengan warga yang lagi antri mengikuti pengobatan gratis. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Ratusan warga Pasar Larangan Sidoarjo, baik pedagang maupun pembeli sangat antusias mengikuti pengobatan gratis yang digelar Bakal calon bupati (Bacabup) Sidoarjo 2020 Bambang Haryo Sukartono (BHS), Minggu (2/2/20) pagi.
Mereka mendapatkan pelayanan check up/tensi dari oleh tim kesehatan dari Rumah Sakit Siti Khodijah Sidoarjo mulai dari pemeriksaan kadar gula darah, kolestrol, asam urat, batuk, pilek dan penyakit lainnya. Selain itu mereka juga diberikan obat yang diperlukan secara gratis pula.
“Ini kesempatan, mumpung lagi belanja. Kok ada pengobatan gratis langsung saya ikuti. Saya tadi control gular gula darah, ternyata hasila tinggi dan tidak terasa,” kata Siti Aminah warga Perumahan Taman Pinang Sidoarjo ini. “Semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan, karena sangat bermanfaat bagi orang lain,” tambahnya sambil membawa pelanjanya pulang.
Sementara itu, Bacabup Sidoarjo 2020 Bambang Haryo Sukartono yang minjau lokasi mengatakan kalau pengobatan gratis ini diperuntukkan untuk umum, terutama untuk pengobatan penyakit yang biasa diderita masyarakat secara umum. Pelayanan pengobatan seperti ini saya nilai sangat penting. Karena setiap harinya banyak masyarakat beraktifitas, baik para pedagang maupun pembelinya. “Mereka terkadang mengeluhkan sakit, tapi belum sempat periksa, kalau di sini dekat. Jadi mereka bisa langsung datang sebentar dan kembali lagi beraktivitas jaualan,” katanya.
Mantan anggota DPR RI dari Partai Gerindra itu menjelaskan, untuk kedepannya, jika mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk memimpin Sidoarjo, pelayanan kesehatan di setiap pasar, harus ada. “Jika saya terpilih program pembangunan tempat pelayanan yang standart akan saya adakan di semua pasar yang ada,” tambahnya.
Menurutnya, pelayanan kesehatan dinilai penting karena di pasar, berkumpul banyak orang. Apalagi juga di pasar terdapat sampah-sampah yang ditampung di area pasar. Hal ini juga kadang bisa menimbulkan adanya penyakit jika tak tertangani secara baik. “Kita cipatakan pasar yang bersih, makanan dan minuman yang dijual higenis, didukung pedagang serta pelanggan yang sehat, tentunya akan membawa kebaikan bagi semuanya,” tegasnya. [ach]

Tags: