Warga Sekitar Gunung Lemongan Istigasah

226818_1921098278004_2256968_nLumajang, Bhirawa
Meningkatnya aktivitas sejumlah Gunung berapi di Indonesia akhir-akhir ini, mendorong warga dari berbagai Desa di lereng Gunung Lemongan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang untuk memanjatkan doa bersama-sama dalam bentuk istigasah. “Tujuannya, agar Gunung Lemongan tidak meningkatkan aktivitasnya seperti gunung-gunung yang lain,” kata A’ak Abdullah Al Kudus Koordinator Laskar yang menggagas acara ini.
Beberapa gunung di Indonesia saat ini sedang terus diwaspadai, antara lain Gunung Slamet, Merapi dan Bromo Kegiatan ini diselenggarakan warga dengan membacakan Istighosah, Yasiin, Tahlil dan berdoa bersama dengan tujuan untuk meminta keselamatan kepada Allah SWT.
Lebih lanjut Aa’ mengungkapkan yang bisa dilakukan adalah berdo’a dan memohon kepada Allah SWT agar Gunung Lemongan tidak ikut-ikutan meningkat ataupun sampai meletus. Dengan demikian, masyarakat Lumajang terhindar dari bencana. “Kalau kita mencintai Gunung Lemongan, maka gunung pun akan mencintai kita,” terang aktivis alumni Ponpes Luk Guluk Sumenep, Madura ini.
Selesai melakukan doa bersama, warga pun menyantap makanan yang dibawa sendiri dari rumah masing-masing secara bersama-sama. Warga menyantap makanan beralas dan berpiringkan daun pisang dengan lauk alakadarnya. [yat]

Keterangan Foto : A’ak Abdullah Al Kudus

Tags: