Warga Sidoarjo Tak Tertarik Daftar Calon Bupati Jalur Independent

Ketua KPUD Sidoarjo, M.Iskak ketika membuka sosialisasi tahapan Pilkada 2024 Kabupaten Sidoarjo di hotel Luminor. [alikusyanto/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa.
Komisioner KPU Sidoarjo Fauzan Adhim, menyampaikan Pemilihan Kepada Daerah Kabupaten Sidoarjo 2024, dipastikan tidak akan bisa diikuti calon perseorangan atau independen.

Sebab, hingga hari terakhir masa pendaftaran pada Minggu (12/5) malam, tidak ada pasangan calon yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo.

“Sesuai aturan yang berlaku, pendaftaran calon independen dibuka paling lambat tanggal 12 Mei 2024,” kata Fauzan, Rabu (15/5/2024) kemarin.

Pihak KPUD Sidoarjo terus menunggu sampai batas akhir pendaftaran, namun ternyata tidak ada satu pun peserta yang mendaftar.

Dengan kosongnya calon independent ini, KPU Sidoarjo tidak membuka masa perpanjangan waktu untuk pendaftaran calon independen.

“Sehingga bisa dipastikan Pilkada Sidoarjo tahun 2024 ini, tidak diikuti calon independen,” ujarnya.

Sebelumnya, sebagaimana perayaratan yang ditentukan, Bacabup-Bacawabup independent dalam Pilkada 2024, diharuskan mengumpulkan sedikitnya 95.007 KTP dukungan disertai surat pernyataan dukungan.

Dukungan ini, nantinya diharuskan agar di upload melalui sistim pencalonan (Silon), pada saat jadwal verifikasi administrasi.

Sementara, Ana Aziza komisioner KPU Sidoarjo divisi tekhnis, dari angka 97 ribuan itu, harus tersebar di minimal pada sepuluh Kecamatan yang ada di kab Sidoarjo.

“Kabupaten Sidoarjo ada 18 kecamatan, maka sedikitnya warga dari 10 kecamatan yang bisa memberikan dukungan untuk calon perseorangan,” katanya.

Ketua KPUD Sidoarjo, M. Iskak, juga mengatakan pencalonan cabup jalur independent tahun 2019 lalu, di Kab Sidoarjo, ada 1 peserta yang ikut. Namun demikian tetap gagal dalam syarat administrasi. [kus.dre]

Tags: