Warga Soroti Tak Dipasangnya Bendera Merah Putih di Perkantoran Situbondo

Tampak sebuah tiang yang ada di halaman Kantor Dispendikbud Kabupaten Situbondo tanpa ada bendera sang saka merah putih Rabu (17/3). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Ada pemandangan menarik dari halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo, Rabu (17/3). Yakni, tidak adanya pemasangan sang saka merah putih seperti hari hari biasa di setiap perkantoran. Pemandangan ini banyak dipertanyakan oleh warga Kota Santri yang kebetulan melewati Jalan Madura, tempat Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo berdiri.

Salah satu warga Situbondo Fathorrahman mengatakan, saat ia melintas di Jalan Madura merasa kaget karena sang saka Merah Putih tidak berkibar. Padahal, kata dia, setiap perkantoran diwajibkan mengibarkan sang saka merah putih. Ini, menurut Fathorrahman, sebagai salah satu simbol kebesaran nasionalisme Bangsa Indonesia. “Kemarin saya lewat juga belum ada pemasangan bendera sang saka Merah Putih,” jelas Fathorrahman.

Dia menengarai, tidak dipasangnya bendera sang saka Merah Putih di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo bisa diakibatkan beberapa sebab. Diantaranya, urai Fathorrahman, karena petugas lupa atau bisa saja karena murni lalai atau tidak memiliki bendera. Sebagai warga negara Situbondo, Fathorrahman berharap kejadian seperti itu tidak terulang kembali. “Ya itu merupakan simbol Negara Indonesia. Harus tiap hari di pasang di halaman kantor pemerintahan,” papar Fathorrahman.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo Achmad Djunaidi ketika dikonfirmasi pertama kali melalui sambungan telepon pribadinya tidak langsung merespon. Baru beberapa kali, Bhirawa kembali mengkonfirmasi akhirnya mendapat respon dari mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Situbondo itu. “Saya masih ada acara di Kantor Pemkab Situbondo,” aku Achmad Djunaidi, Rabu siang (17/3).

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (DPMP) Kabupaten Situbondo itu menuturkan, terkait tidak dipasangnya bendera sang saka Merah Putih di halaman kantor Dispendikbud Kabupaten Situbondo secepatnya akan di cek. Pasalnya, aku mantan Camat Kota Situbondo itu, dirinya tidak mengetahui karena masih ada acara di luar kantor. “Ya terimakasih infonya. Secepatnya akan saya cek,” pungkas mantan Kabag Perlengkapan Pemkab Situbondo itu. [awi]

Tags: