Warga Telasih Tulangan Sidoarjo Urunan, Ngecor Jalan Berlubang

Warga desa telah menggalang urunan untuk dipakai ngecor beton, di jalan raya Desa Telasih, Kec Tulangan yang saat ini banyak berlubang. [alikus/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa
Jalan raya Telasih yang ada di wilayah Kec Tulangan, saat ini banyak yang rusak. Lubang-lubangnya yang mengangah telah banyak membuat masyarakat umum yang melewatinya, jatuh dari motornya.

Salah satu warga Desa Telasih, yang rumahnya berada di pinggir jalan raya Telasih itu, Marjik, menuturkan, belum lama ini dirinya sempat menolong ada dua orang pengemudi motor asal Kota Sidoarjo yang berboncengan, terjatuh saat melewati jalan yang rusak itu.

“Pengemudi kurang tahu kondisi jalan rusak di sini. Akhirnya terjatuh terjerembab. Ban motornya sampai kempes,” tutur Marjik, Selasa (9/2) kemarin.

Menurut Marjik, kondisi jalan disana sebetulnya sudah lama telah rusak. Selain akibat volume lalu lintas kendaraan yang lewat cukup tinggi, kendaraan besar seperti truk, juga lewat disana. Semakin parah ditambah dengan adanya genangan air hujan. Dirinya memperkirakan di sepanjang jalan itu, ada sedikitnya 43 titik jalan yang berlubang.

Untuk menghindari kecelakaan disana, dan sembari menunggu diperbaiki dari Dinas PUBM dan SDA Kab Sidoarjo, yang tidak tahu kapan akan dikerjakan, warga Desa Telasih berencana akan ngecor jalan-jalan yang berlubang itu.

“Alhamdulilah sudah banyak warga yang menyumbang untuk dipakai ngecor jalan yang berlubang itu. Ada yang nyumbang uang, semen, pasir juga ada yang nyumbang tenaga. Bahkan juga ada yang hanya nyumbang pikiran,” kata Marjik.

Rencana kegiatan untuk ngecor jalan-jalan yang berlubang itu, kata Marjik, akan dilakukan secara gotong royong oleh warga desa pada Hari Jum at malam, 12 Pebruari besok.

“Sambil nunggu perbaikan dari Dinas PUBM, kita beton. Kasihan masyarakat, kalau hujan banyak yang terjatuh dari kendaraan,” tambah Marjik.

Dirinya tidak tahu bagaimana nanti dari Bupati Sidoarjo terpilih, Ahmad Mudhlor Ali, kebijakannya dalam mengatasi banyak jalan rusak berlubang di Kab Sidoarjo setiap tahunnya ini.

Tentunya sangat diharapkan Bupati pilihan warga Kab Sidoarjo itu akan bisa cepat mengatasi masalah jalan yang rusak, karena sarana umum itu dirasakan langsung oleh masyarakat. (kus)

Tags: