Warga Terdampak Pembangunan Saluran Terima Tali Asih dari PT Ciputra

Warga terdampak pembangunan saluran di Sepat Lidah Kulon saat menerima tali asih dari PT Ciputra.

Surabaya, Bhirawa
Tiga keluarga di wilayah RT 02 RW 05, Kelurahan Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, menerima tali asih dari PT Ciputra Development Tbk. Tali asih berupa uang tunai ini diberikan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap rumah warga yang pada akhir 2018 lalu, ikut terdampak oleh aktivitas pengerjaan saluran drainase warga yang dikerjakan PT Ciputra, yang nantinya akan diserahkan kepada Pemkot Surabaya.
Didik Daryanto, Head of Permit and Corporate Legal PT Ciputra Development Tbk mengatakan, pemberian bantuan atau tali asih dari perusahaan kepada 3 keluarga di RT 02 RW 05 Kelurahan Lidah Kulon, merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab moral perusahaan yang ikut merasakan apa yang dialami warga.
“Beberapa waktu lalu kami melakukan normalisasi, ada beberapa tempat yang bersinggungan dengan rumah warga yang ada di sana. Jadi ada bagian bangunannya yang sedikit bermasalah. Tali asih ini merupakan bagian dari tanggung jawab moral kami,” kata Didik Daryanto dikonfirmasi, Minggu (21/7).
Ketiga warga RT 02 RW 05 yang menerima tali asih dari PT Ciputra Development Tbk adalah keluarga dari Ari, Riduan, dan Ipung. Rata-rata rumah warga mengalami retak di bagian atap dan sebagian bangunan. Seperti yang dialamai Ari, yang bagian belakang rumahnya sempat mengalami retak.
“Dulu sudah terdampak, dan sudah dibetulkan, cuma yang retak belum sempat. Saya bersyukur, terima kasih pada perusahaan sudah mau bertanggung jawab. Bantuan ini bisa untuk membantu memperbaiki kondisi rumah saya,” kata Ari.
Bantuan perusahaan juga disyukuri Riduan, yang bagian plafon dan beberapa pintu mengalami retak akibat getaran lalu lalang kendaraan berat untuk pengerjaan saluran yang melintas sekitar rumah warga.
“Sebelumnya sudah diperbaiki secara mandiri, tapi alhamdulillah ada bantuan dan perhatian dari perusahaan. Di masa depan, bila ada kerusakan-kerusakan karena aktivitas pembangunan dari perusahaan, diharapkan bisa dibantu secepatnya,” ujar Riduan.
Ketua RW 05, Musari menyambut antusias pemberian tali asih dari perusahaan kepada tiga warganya, pasca pembangunan normalisasi saluran yang melintasi wilayah RT 02 RW 05. Selain berterima kasih atas respond an perhatian perusahaan kepada warga, Musari berharap komunikasi dan silaturahmi antara perusahaan dan warga yang sudah terjalin baik selama ini dapat terus ditingkatkan.
“Kami tetap berharap perhatian perusahaan dan respon cepat terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan dari aktivitas pembangunan atau normalisasi saluran ke depannya,” ujar Musari.
Didik Daryanto berharap, setiap aktivitas pembangunan yang dilakukan perusahaan tidak sampai menimbulkan dampak yang merugikan warga. Selain itu, komunikasi yang selama ini telah terjalin dengan baik antara perusahaan dengan warga, diharapkan tetap terpelihara sehingga masing-masing dapat saling membawa manfaat.
“Kami tetap ingin bergandengan tangan dengan warga yang ada di sekitaran proyek kami, dan kami siap membantu apa saja yang dibutuhkan, terutama yang berkaitan dengan aktivitas kami yang bersentuhan dengan warga,” kata Didik. [iib]

Tags: