Warga Tulungagung Ikuti Lomba Olah Raga Tradisional

Bupati Syahri saat mencoba olah raga egrang di lokasi GOR gedung Lembu Peteng  kemarinTulungagung,  Bhirawa
Sejumlah rangkaian kegiatan Hari Jadi ke 809 Tulungagung mendapat respon positif dari masyarakat.  Seperti halnya kegiatan olah raga tradisional yakni olah raga egrang,  balap karung,  klompen dan  gobak sodor itu langsung dimeriahkan oleh ratusan peserta.  Secara spontanitas,  ratusan warga yang datang dari berbagai pelosok desa serta ratusan pelajar dari SMP dan SMA mengikuti lomba olah raga tradisional yang diselenggrakan oleh Pemkan Tulungagung di gedung olag raga (GOR) Lembu Peteng,   Kamis (20/11),  kemarin.
”Kami berharap kepada pemerintah untuk bisa membangkitkan kembali seni,  budaya dan olah raga tradisonal yang nyaris punah ini.  Untuk itu,  kegiatan seperti ini hendaknya tidak hanya diselenggarakan  berketepan hari jadi Tulungagung  saja,”pinta Mujianto  yang diamini peserta lomba olah raga tradisional lainnya pada Bhirawa,  kemarin.
Peninggalan nenek moyang itu,  lanjut Mujianto,  sudah semestinya dilestarikan dan tentunya semua itu adalah menjadi tanggung jawab bersama.  Terlebih,  pemerintah sebagai pablik figur harus mampu  menjaga dan melestarikan serta mampu mendidik terhadap masyarakat pentingnya soal seni dan budaya peninggalan leluhur.
”Mendidik moralitas generasi penerus bangsa memang seharusnya diawali dengan pentingnya merawat dan melestarikan peninggalan leluhur.  Jadi,  kegiatan positif seperti ini hendaknya sering dilakukan bahkan kalau bisa sampai ke desa desa,”katanya,   dengan mimik serius.
Sementara itu,  Bupati Tulungagung Syahri Mulyo SE,  MM berjanji bakal rajin mengadakan kegiatan terkait peninggalan pendahulu yang mungkin saat ini nyaris terlupakan.  Dan,  selain upaya melestarikan peninggalan leluhur  itu dirinya pun yakin bahwa kigiatan tersebut akan menjadi ajang silahturohkim antar warga.
”Saat ini baru empat olah raga tradisional yang kita munculkan dan masih banyak peninggalan nenek moyang kita dulu yang belum diketahui masyarakat.    Insyaallah,  kegiatan seperti ini nantinya kita selenggaran sampai ke desa desa,”  kata Bupati Syahri Mulyo melalui Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan,  Pemuda dan Olaraga Ahmad Pitoyo pada Bhirawa,  kemarin. (adi)

Keterangan Foto : Bupati-Syahri-saat-mencoba-olah-raga-egrang-di-lokasi-GOR-gedung-Lembu-Peteng-kemarin.

Tags: