Warih Andono: Setahun Stagnan, OPD Sidoarjo yang Loyo Harus Didorong

Ketua fraksi Golkar DPRD Sidoarjo, Warih Andono.

Sidoarjo, Bhirawa.
Selama satu tahun ini relatif sangat minik pembangunan infrastruktur di Sidoarjo. Dinamika politik dan hukum membuat kegiatan yang sudah di program jadi mandeg. Dikuatirkan kondisi stagnan ini berimbas di tahun 2021.

Ketua fraksi Golkar DPRD Sidoarjo, Warih Andono, Rabu (25/11) sore, mengakui kondisi yang menimpa kasus hukum Bupati Saiful Ilah, kemudian disusul wafatnya Plt Bupati Nur Ahmad Syaifuddin dan sekarang penggantian diisi Pj Bupati Hudiyono, di ujung tahun 2020, ditambah focusing anggaran covid 19 memperparah keadaan.

Para pejabat OPD Sidoarjo bekerja main aman. Anggaran yang diajukan untuk dibahas Timnggar dan Banggar di buat sesuai kebutuhan standar. “Tidak ada inovasi bagaimana bergerak lebih cepat membangun Sidoarjo. Rupanya mereka lebih senang nabung di APBD daripada membelanjakan anggaran,” tandasnya.

Ia menyebut, pantas saja Silpa Sidoarjo besar. Besarnya silpa itu bukan dari efisiensi kegiatan lelang tetapi karena OPD tidak serius membelanjakan. Makanya dalam satu tahun tidak ada kegiatan pembangunan yang menonjol karena semua bekerja hati – hati dan main aman.

P- APBD 2020 yang molor juga salah satu yang mempengaruhi. P – APBD yang sudah disahkan DPRD harus mondar mandir sampai dievaluasi Kemendagri karena persoalan hukum bupati dan wafatnya Plt bupati. Ketika P – APBD sudah turun di awal November, membuat OPD ciut membelanjakan karena sudah mendekati tutup anggaran 2020.

Ia kuatir kelesuan OPD nanti akan berimbas di tahun 2021. DPRD sudah mempercepat pengesahan APBD 2021 agar ada keleluasaan waktu OPD untuk membelanjakan program – programnya. “Saya berharap OPD tidak loyo agar anggaran yang sudah dialokasikan bisa terserap semua. Dengan kinerja yang serius itu pada akhirnya masyarakat yang menerima manfaatnya,’ terangnya.

Tahun depan masih diwarnai dengan mewabahnya corona, refocusing anggaran tetap dilakukan untuk penanganan corona. Namun jangan berhenti membangun. Sidoarjo sudah stagnan satu tahun. Jangan sampai tahun depan masih stagnan. Program pembangunan sudah disusun bersama dan paketnya sangat banyak.

Ia menyarankan Pj Bupati, Hudiyono untuk mendorong OPD agar melalukan percepatan. Potong hambatan birokrasi yang tidak perlu. (hds)

Tags: