Wartawan Dapat Pelatihan Manajemen Ritel

Alfamart beri latihan kepada Wartawan Sidoarjo mahir kelola ritel.

Alfamart beri latihan kepada Wartawan Sidoarjo mahir kelola ritel.

Sidoarjo, Bhirawa
Puluhan wartawan yang bertugas di wilayah Kab Sidoarjo telah mendapatkan pelatihan manajemen ritel. Mereka diajari bagaimana caranya berwirausaha yang baik, agar bisa diperuntukan dirinya, keluarganya maupun tetangganya.
Kegiatan yang dilakukan Senin (5/5) kemarin di Aula Alfamart Rumah Albi Jl Yos Sudarjo, diselenggarakan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) terkait peringatan Hari Pers Internasional.
Menurut Branch Manajer Alfamart Jatim, Leo Hartoko, para peserta memperoleh materi mengenai potensi industri Ritel. Selain diajari mereka juga diajak untuk mengenal perbedaan pengelolaan antara bisnis ritel tradisional dengan ritel modern. ”Karena kini industri ritel baik format modern maupun tradisional akan tetap dibutuhkan. Selama masyarakat masih memerlukan produk kebutuhan pokok/Sembako untuk keperluan sehari-hari,” katanya.
Pengetahuan yang lain juga diberikan seputar pengelolaan produk antara lain tentang expired produk, barcode produk, jenis gramasi produk, kategori produk, display produk dan  persediaan produk  hingga permodalan.
Disamping itu, Alfamart telah menjalankan program keanggotaan pedagang ritel tradisional yang dikenal sebagai Outlet Binaan Alfamart (OBA) dan Bedah Warung. Dengan bergabung menjadi member OBA pedagang dapat memperoleh produk sekaligus layanan antar. Bagi mereka yang sudah bergabung atau menjadi member tertentu, bahkan mendapatkan kesempatan program Bedah Warung, yakni bantuan renovasi warung miliknya agar tampak lebih menarik.
Program OBA dijalankan untuk membantu para pedagang tradisional agar tetap dapat tumbuh dan berkembang di tengah persaingan bisnis ritel modern. Para peserta yang memiliki bisnis ritel tradisional juga dapat bergabung dalam OBA. Leo berharap, pelatihan ini dapat memotivasi para peserta untuk memulai bisnis ritel. ”Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan serta memotivasi peserta yang memiliki ketertarikan membangun usaha ritel,” terang Leo. [ach]

Tags: