Wartawan Kota Probolinggo Divaksin, Vaksinasi Tahap II Capai 15 Ribu Orang

Salah Satu Wartawan Ikut Tahapan Vaksinasi Sinovac di Klinik Pratama, Polresta Probolinggo.[wiwit agus pribadi/bhirawa]

Probolinggo, Bhirawa
Vaksinasi Tahap II Kota Probolinggo dipastikan akan berjalan sesuai rencana, setelah diterimanya 1810 Vials vaksin Covid-19 pada Selasa (23/2), pukul 13.03 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Probolinggo. Artinya, vaksinasi untuk pelayan publik mulai dilaksanakan Rabu (24/2) di beberapa fasilitas layanan kesehatan setempat. Sebanyak 38 wartawan ikuti vaksinasi covid 19.

Dengan bantuan tim pengamanan dari Polda Jatim, Vaksin Sinovac yang diangkut oleh kendaraan Bio Farma diserahkan oleh Staf Seksi Surveilans Dinkes Provinsi Jatim Suradi kepada Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Probolinggo Eko Sudiwiharti. Vaksin Covid-19 yang sudah diterima ini langsung disimpan di dalam box penyimpanan di gudang dinkes, dengan suhu 2°- 8° C dan mampu bertahan selama 2 x 24 jam.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kota Probolinggo dr. NH Hidayati, Rabu (24/2) menyampaikan bahwa sasaran vaksinasi tahap II ini adalah petugas pelayan publik. “Sasarannya adalah petugas pelayan publik TNI, POLRI, ASN, Non-ASN di Pemerintah Kota (Probolinggo), terus BUMN, BUMD, kemudian pedagang pasar, ojek online termasuk wartawan,” terangnya.

Menurut dr Ida sapaan akrab dr NH Hidayati, agenda vaksinasi tahap II dilaksanakan Rabu (24/2) yang diawali dari tim tenaga pengamanan. “Insyaallah mulai besok (Rabu), tenaga pengamanan, TNI, Polri, Satpol PP untuk besok,” ujarnya.

Untuk vaksinasi tahap II Dinkes P2KB telah mendata dan menargetkan 15000 orang akan divaksin. “Kalau sasaran sesuai pendataan kita 15000 sekian untuk tahap II. Sementara untuk target penyelesaian perkiraan bulan April-Mei telah tuntas vaksinasi tahap II (suntikan pertama dan kedua),” imbuhnya.

Bagi yang masuk kriteria sasaran vaksinasi tahap II dr. Ida menyampaikan pesan agar selalu menjaga kondisi kesehatan. “Pastikan bahwa badan peserta penerima vaksin itu dalam keadaan sehat, tidak ada gejala, kalau memang ada gejala tolong disampaikan kepada PIC-nya penanggung jawabnya agar dijadwal ulang,” terangnya.

Sementara, mengulas mengenai pelaksanaan vaksinasi tahap I dr. Ida menyampaikan bahwa semua sasaran sudah tervaksin. “Kalau yang sesuai sasaran vaksinasi sudah habis tinggal menunggu yang ulangan dosis kedua” tandasnya.

Giliran insan pers Probolinggo menerima vaksin covid 19, Rabu (24/2), di Klinik Bhayangkara Kota Probolinggo. Para jurnalis ini menjalani vaksin gelombang kedua setelah para tenaga medis dan pejabat atau petugas garis depan di daerah.

Para jurnalis sangat antusias dengan penyuntikan vaksin covid 19 yang difasilitasi Pemkot Probolinggo. Mereka penuh kesadaran, profesi jurnalis sangat rentan terhadap ancaman dan penularan virus covid 19. Mobilitas kerja yang tinggi dan interaksi beragam, berpotensi risiko tertular. Ancaman kasat mata ini harus dicegah. Salah satu caranya adalah vaksinasi. Karena itulah, pekerja pers dari media cetak, online, dan televisi menyegerakan diri saat kran vaksin covid 19 dibuka oleh pemkot.

Pengurus PWI Persiapan Probolinggo Raya, H. Ikhsan Mahmudi mengatakan, vaksinasi covid 19 untuk kalangan jurnalis memang sudah sangat tepat. Sebab, penyebar informasi faktual itu potensi tertularnya juga tinggi.

“Karena kerjanya berinteraksi dengan khalayak. Meliput dari berbagai sumber kompeten baik nakes, aparat garis depan, dan di banyak tempat. Sehingga vaksin buat jurnalis ini sangat tepat. Tidak hanya menjaga dirinya tapi juga, mencegah resiko bagi orang lain pula,” tutur Ikhsan.

Dandy Arie Ghafur, wartawan televisi senior mengaku lega mendapat vaksin covid 19. Dandy tidak merasakan efek sama sekali setelah divaksin, tidak terasa. “Yang jelas vaksin ini penting bagi kita dalam upaya proteksi kesehatan diri dan memerangi covid 19,” ungkapnya.

Puji Anugerah Laksono, wartawan TVRI mengapreasiasi pemerintah yang berkolaborasi dengan Urkes Polres Probolinggo Kota dalam memberikan perhatian bagi jurnalis terkait vaksin covid 19. “Lega rasanya. Ini penting untuk kesehatan kita. Tetap semangat,” tambahnya.(Wap)

Tags: