Wujudkan Gemar Membaca Siswa Melalui Sarana Perpustakaan Sekolah

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo, H Solikhan saat menjadi narasumber dalam workshop mendongeng sesi kedua kemarin. [sawawi]

Situbondo, Bhirawa
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Diperpusip) Kabupaten Situbondo kembali membuat program baru dengan tagline Wujudkan Gemar Membaca Siswa Melalui Sarana Perpustakaan Sekolah. Hal ini disampaikan Sekretaris Diperpusip Kabupaten Situbondo, H Solikhan dalam workshop mendongeng di hadapan para guru SD se-Kabupaten Situbondo pada sesi kedua kemarin.
Menurut Solikhan, membaca itu ikhtiar nyata mewujudkan kualitas hidup siswa lebih layak. Agar cepat terwujud bisa melalui peningkatan sarana perpustakaan sekolah. Dengan gemar membaca anak atau siswa akan dapat menambah ilmu pengetahuan baru.
“Ya gemar membaca itu sebenarnya merupakan tanggung jawab empat elemen yakni keluarga, satuan pendidikan, masyarakat dan pemerintah,” jelas Solikhan.
H Solikhan menjelaskan, ada berbagai upaya agar siswa semakin gemar membaca di sekolah. Diantaranya, menyediakan bahan bacaan yang diminati siswa dan sesuai dengan keragaman tingkat perkembangan anak. Kedua, menjadikan perpustakaan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan bagi siswa dengan penataan yang bagus dan pelayanan yang ramah.
“Selanjutnya membuat promosi dan kegiatan perkembangan minat serta kegemaran membaca dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah dan terakhir memberikan tugas tambahan kepada siswa di luar kelas,” beber Solikhan.
Solikhin menegaskan, khusus pembentukan perpustakaan sekolah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya, bisa melalui koleksi buku, promosi dan kerjasama. Tak hanya itu, sambung Solikhan, pembentukan perpustakaan sekolah bisa juga melalui penyediaan sarana dan prasarana (Sarpras), bisa melalui penyediaan anggaran serta bisa melalui peningkatan SDM. Kalau ditilik dari sektor penyediaan anggaran minimal harus ada 5% dari total anggaran di luar belanja pegawai.
Keberadaan perpustakaan sekolah juga memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi peningkatan ilmu siswa. Diantaranya, papar Solikhan, bisa menjadi pusat kegiatan belajar mengajar, pusat penelitian sederhana dan pusat membaca menambah ilmu dan rekreasi. Tujuannya agar dapat mengembangkan minat baca, literasi, informasi, bakat dan kecerdasan bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan. [awi]

Tags: