XL Axiata Siap Layani Masa Libur Natal Tahun di Tempat Wisata

Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit bersama Service Performance & Optimization East Region, Rino Prasetiyanto dan Head of Sales XL Axiata Greater Surabaya Madura, Hiasinta H. Paembonan.

Surabaya, Bhirawa
jaringan yang telah terfiberisasi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah siap melayani para pelanggan yang akan menikmati liburan akhir tahun di berbagai tempat wisata populer di Jawa Timur, antara lain Surabaya, Malang, Batu dan Banyuwangi.
Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengungkapkan tahun lalu, trafik data meningkat sekitar 80 persen dibandingkan hari-hari biasa. Untuk liburan nanti, kami memprediksi akan terjadi kenaikan trafik sekitar 15 persen di layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim dan media sosial akan mendominasi. Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan.
“Saat ini XL Axiata di Jawa Timur memiliki pelanggan sebanyak 5,5 juta pelanggan dan diperkuat dengan lebih dari 11 ribu BTS termasuk lebih dari 6.500 BTS 3G dan lebih dari 4500 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas dan saat ini sudah mencapai lebih dari 38 kota/kabupaten,” terangnya, Selasa (17/12).
Bambang mengungkapkan XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.
Selain jaringan yang dipersiapkan secara optimal, XL Axiata East Region juga menyediakan sejumlah produk layanan terutama data untuk menjawab beragam kebutuhan masyarakat pada saat merayakan liburan akhir tahun.
Untuk pelanggan layanan prabayar XL, terdapat paket unggulan seperti paket Xtra Combo Lite, Xtra Kuota, serta Xtra Combo. Sedangkan untuk layanan AXIS, terdapat produk Bronet 24 Jam,4G Owsem, Voucher Internet AIGO. Pada layanan pascabayar, pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari program XL Prioritas. Seluruh produk ini terbukti mampu meningkatkan penetrasi layanan XL Axiata oleh semua tingkatan usia sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
“XL Axiata telahmendukung pembangunan daerah Jawa Timur, termasuk pengembangan industri pariwisata di seluruh wilayah provinsi. Upaya tersebut diwujudkan salah satunya dengan melaksanakan fiberisasi jaringan di seluruh Jawa Timur,” ujar Bambang Parikesit.
Adapun langkah strategis ini juga searah dengan upaya memaksimalkan kualitas layanan data mengingat trafik penggunaan layanan data oleh pelanggan di seluruh wilayah Jawa Timur terus mengalami peningkatan.
Dengan fiberisasi, maka kapasitas jaringan data XL Axiata bisa diperbesar sehingga akan bisa menopang kebutuhan pelanggan perorangan dan dunia usaha, termasuk untuk mendukung pengembangan industri wisata dan ekosistemnya. Apalagi, di sepanjang tahun Jawa Timur menjadi tuan rumah berbagai event bertaraf nasional dan internasional, yang membutuhkan dukungan infrastruktur layanan data yang memadai.
“Rencana pembangunan yang berbasis pariwisata di Jawa Timur cukup besar dan ekspansif. Beberapa agenda besar juga sudah ditetapkan oleh beberapa pemerintah daerah. Untuk itu, kami sebagai operator tidak mau ketinggalan untuk berpartisipasi nyata dengan menyediakan jaringan terbaik. Bagi kami, pengembangan industri pariwisata tersebut juga akan membuka peluang secara bisnis, sehingga kami pun sangat antusias untuk meningkatkan kualitas jaringan antara lain dengan fiberisasi,” jelasnya.
Menurut Bambang, proses fiberisasi telah terlaksana di sebagian besar wilayah Jawa Timur dan tidak lama lagi seluruh jaringan XL Axiata di wilayah ini akan terfiberisasi, termasuk Surabaya sebagai kota terbesar sekaligus ibukota provinsi Jawa Timur.
Menurutnya, pembangunan jaringan layanan data di Jawa Timur juga disesuaikan dengan arah pembangunan yang ditetapkan pemerintah setempat. Fiberisasi ini juga perlu XL Axiata laksanakan karena pertumbuhan trafik data yang cukup tinggi di seluruh Jatim.
“Untuk tingkat kota/kabupaten yang ada di Jawa Timur, sudah hampir seluruh jaringan data yang ada telah dilakukan fiberisasi, termasuk daerah tujuan wisata utama seperti Surabaya, Telaga Sarangan di Magetan, Gunung Bromo di Probolinggo, JatimPark di kota Batu dan Pantai-pantai serta Gunung Ijen di Banyuwangi. Dalam setahun terakhir, trafik data di seluruh Jawa Timur meningkat sekitar 60 persen. Jumlah pelanggan data juga terus meningkat, dan saat ini mencapai sekitar 82 persen dari total pelanggan di provinsi ini,” pungkasnya. [riq]

Tags: