Yayasan Wings Peduli dan Pemkot Surabaya Lakukan Pemasangan Trash Boom di Lima Titik

Lakukan pemasangan Trash Booth, kemarin.

Kegiatan ini merupakan langkah lanjutan dari “Aksi Bersih Sungai Surabaya,” yang meliputi kegiatan bersih-bersih sampah dan penyerahan trash boom secara simbolis.

Surabaya, Bhirawa.
Wings Group Indonesia, melalui Yayasan Wings Peduli, bersama dengan Pemerintah Kota Surabaya memasang trash boom di aliran sungai Surabaya. Aksi ini merupakan langkah preventif guna menjaring sampah yang terbuang ke sungai dan diharapkan dapat mempermudah proses pembersihan dan perawatan aliran sungai secara berkelanjutan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya. Trash boom tersebut nantinya akan dipasang di 5 (lima) titik aliran sungai, yaitu Endrosono, Mrutu, Kali Tebu, Pogot dan Asemrowo. Kegiatan ini pun merupakan langkah lanjutan dari “Aksi Bersih Sungai Surabaya” yang telah dilakukan sebelumnya, yang disertai dengan kegiatan bersih-bersih sampah.

Melalui inisiatif ini, Yayasan Wings Peduli berharap dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan  kelestarian lingkungan, khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Upaya dan komitmen Pemerintah Kota Surabaya dalam menjaga lingkungan sehingga menjadikan kota ini nyaman untuk ditinggali patut diapresiasi. Senada dengan semangat tersebut, Yayasan Wings Peduli turut berkontribusi melalui Aksi Bersih Sungai Surabaya. Pada kesempatan ini, kami menyerahkan trash boom yang akan dipasang di 5 titik aliran. Semoga langkah ini dapat membantu menciptakan Kota Surabaya yang lebih nyaman, indah dan asri,” pungkas Oucky Hertanto, Perwakilan Yayasan Wings Peduli.

Hal tersebut diamini pula oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Surabaya Agus Hebi Djuniantoro. Agus mengatakan bahwa pihaknya telah banyak terbantu oleh inisiatif pihak Yayasan Wings Peduli terkait kelestarian dan keindahan lingkungan.

“Sampah ini harus dibagi dan dikelola dengan baik. Nantinya akan ada petugas yang mengawasi setiap trash boom. Harapannya langkah ini dapat membantu mengurangi beban sampah di saluran-saluran tersebut sehingga mempermudah proses pembersihan sampah. Yayasan Wings Peduli ini membantu untuk membuatkan, dan tidak hanya ini saja, ada banyak bantuan lainnya dari pihak Wings yang sangat membantu kita,” pungkasnya.

Pada kesempatan terpisah, Walikota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan apresiasinya kepada pihak Yayasan Wings Peduli atas inisiatif pemasangan trash boom di wilayah sungai Kota Surabaya.

“Program ini merupakan perwujudan kerjasama dan gotong-royong antara Pemkot Surabaya dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk pihak swasta. Sekali lagi, kami menyampaikan terima kasih atas bantuan-bantuan yang telah diberikan. Saya berharap, akan ada kolaborasi dan inovasi lain, khususnya yang terkait dengan pelestarian lingkungan hidup di Kota Surabaya,” tuturnya

Trash boom akan dipasang di lima titik aliran Kota Surabaya, yaitu Saluran Endrosono sepanjang 25 meter, Saluran Mrutu sepanjang 25 meter, Saluran Kali Tebu sepanjang 25 meter, Saluran Pogot sepanjang 25 meter dan Saluran  Asemrowo sepanjang 33 meter. Kelima titik tersebut merupakan saluran air besar di Kota Surabaya dan merupakan lokasi padat penduduk yang notabene menjadi salah satu sumber sampah konsumsi, sehingga diharapkan dapat memudahkan pemeliharaan DAS, sekaligus menjadi langkah antisipatif penumpukan sampah yang dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran serta banjir. Pembersihan dan perawatan trash boom ini pun akan dilakukan secara rutin, minimal dua minggu sekali oleh pihak DLH.

Wings Group Indonesia melalui Yayasan Wings Peduli senantiasa berkomitmen untuk menunjukkan bentuk tanggung jawab sosialnya terhadap lingkungan melalui berbagai kegiatan serupa, serta membuka peluang kolaborasi dalam mendukung beragam bentuk upaya pelestarian lingkungan, khususnya bersama jajaran pemerintah selaku pemangku wilayah. “Kami siap untuk berkontribusi sesuai dengan kapasitas yang kami miliki terkait upaya pemeliharaan lingkungan,” tutup Oucky.(ma.hel)

Tags: