5.000 KK Pesangrahan Kota Batu Segera Tercukupi Air Bersih

Direktur PDAM Kota Batu, Zainul Arifin, saat meninjau lokasi proyek pembuatan tendon di bukit Panderman.

Direktur PDAM Kota Batu, Zainul Arifin, saat meninjau lokasi proyek pembuatan tendon di bukit Panderman.

Kota Batu,Bhirawa
Sedikitnya 5000 keluarga (kk) yang ada di kawasan Ngaglik, Pesanggrahan, Pentil, dan beberapa industri yang ada di sana segera tercukupi kebutuhan air bersihnya. Hal ini berkenaan dengan telah rampungnya proses pengecoran dalam pembuatan tandon air yang ada di Bukit Panderman.
Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Batu, Zainul Arifin, membenarkan telah rampungnya pembuatan tendon di Panderman. Tandon ini memiliki debit mencapai 200 meter kubik.
“Untuk mengisi tandon Panderman ini, kita akan mengambil dari tandon yang ada di Jl.Abdul Gani Atas dengan menggunakan pompa semi gravitasi. Pompa ini tidak hidup terus menerus, tetapi ada ritmenya,”ujar Jinung, panggilan akrab Zainul Arifin, Selasa (30/9). Dengan metode ini diyakini akan membuat pompa yang ada bisa bertahan lama atau awet. Apalagi perbedaan ketinggian antara Tandon Panderman dengan sumber tama air Ngesong mencapai 137 meter.
Selama ini, katanya, di kawasan tersebut terutama di Jl.Abdul Gani Atas, Jl.Imam Bonjol Atas, Jl.Sultan Agung, dan Jl.Sakura Selatan belum mendapat air bersih dari PDAM. Beberapa di antaranya, mereka menggunakan HIPAM ataun sumur bor.
Proyek pembangunan tandon di Panderman merupakan satu paket dengan pembangunan pipanisasi dri Sidomulyo ke Junrejo yang panjangnya mencapai 34 Km, dan pipanisasi dari Sumber Ngesong ke Ngaglik. Adapun nilai proyeknya mencapai Rp 20 milyar. “Untuk pembangunan tendon Panderman ini anggarannya sebesar Rp 2 milar,”pungkas Jinung. [nas]

Tags: