Dua Produk PT Sharp Electronics Raih Penghargaan ICSA 2017

PT Sharp Electronics Indonesia saat menerima penghargaan ICSA 2017 yang digelar, Rabu (22/11) lalu.

(Seriusi Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual)
Surabaya, Bhirawa
Tidak hanya mengedepankan teknologi terbaru dalam menciptakan produk elektroniknya, PT Sharp Electronics Indonesia juga menyesuaikan aspek lainnya seperti kemudahan pemakaian hingga layanan purna jual. Didukung seluruh komponen tersebut, Sharp telah berhasil mempertahankan kepuasan pelanggan dengan kembali menyabet penghargaan bergengsi bagi perusahaan yang meraih prestasi terbaik untuk kepuasan pelanggan yaitu Indonesian Customer Satisfaction Awards (ICSA) 2017.
Melalui penghargaan tahunan yang digelar SWA dan Frontier Marketing Research Consultant, Sharp menduduki posisi puncak untuk dua kategori produk berbeda yaitu lemari es dan mesin cuci. “Kami tidak pernah berhenti untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan purna jual, semua ini kami lakukan untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen setia kami. Kebahagiaan bagi kami jika pelanggan merasa puas dengan apa yang kami berikan,” ungkap Vice President PT Sharp Electronics Indonesia, Shigeo Noma saat dikonfirmasi Bhirawa, Kamis (23/11) kemarin.
Shigeo Noma menambahkan terkait dengan layanan purna jual bagi seluruh pelanggan di Indonesia, Sharp telah meresmikan 400 lebih titik servis di seluruh Indonesia. “Terhitung tahun 2017, Sharp memiliki 45 unit SHARP Direct Service Station (SDSS) di mana dua diantaranya baru diresmikan pada bulan September lalu, 275 SHARP Authorized Service Station (SASS), 42 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia, 3 SHARP Service Corner (SSC), 2 SHARP Authorized Representative (SAR), serta 101 SHARP Authorized Air Conditioner (SAAC).
Tak hanya itu, secara rutin Sharp pun mengelilingi berbagai titik di Indonesia dengan SHARP Mobile Service Station (SMSS) yang kini berjumlah dua unit. “Dengan mobil SMSS, Sharp dapat menyentuh pelanggan sampai ke pelosok kota. Sehingga pelanggan setia Sharp dapat dengan mudah menyambangi SMSS terdekat untuk melakukan konsultasi penggunaan dan perawatan produk, perbaikan dan lainnya,” jelasnya.
Sementara itu penghargaan reguler ICSA diperoleh melalui survei yang ditujukan kepada 5.700 responden berusia 15-65 tahun di enam kota berbeda diantaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar.
Pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu multistage random area sampling dan wawancara face-to-face. Hasilnya, dua produk Sharp yaitu lemari es dan mesin cuci berhasil menempati posisi juara dengan Total Satisfaction Score (TSS) yang memuaskan.
Untuk lemari es total skor yang berhasil diperoleh yaitu 4,204, sedangkan untuk mesin cuci sejumlah 4,247. “Kemenangan dalam ICSA akan terus menjadi motivasi bagi Sharp untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satunya dengan memberikan promo eksklusif berupa tambahan dua tahun garansi dari lima tahun garansi yang telah diberikan khusus untuk setiap pembelian lemari es di bulan November hingga 31 Desember 2017 mendatang,” terang Shigeo Noma.
Promo ini dapat digunakan untuk seluruh pembelian line up lemari es dari Sharp di bawah 300 Liter (tidak termasuk tempat pendingin/freezer), seperti SJ-N166F-FW, SJ-X165-MG, SJ-326-XI-MK, maupun SJ-196ND-FS. Caranya, pelanggan wajib mengunduh aplikasi SHARP CS dalam ponsel yang tersedia di Apple Store maupun Google Play Store, mengisi kolom dalam ‘Registrasi Produk’, dan menyentuh tombol kirim agar informasi unit produk tersebut tersimpan dalam database milik Sharp.
“Tanpa memakan waktu lama, pelanggan akan secara otomatis mengantongi waktu garansi selama tujuh tahun untuk lemari es yang dibelinya. Terakhir, pelanggan juga diimbau agar tetap menyimpan bukti transaksi invoice yang akan berguna saat melakukan klaim garansi,” ujarnya.
Promo eksklusif ini menjadi bukti keseriusan Sharp untuk terus memanjakan pelanggan tanah air baik melalui teknologi yang kian inovatif, program dan promo menarik yang mendukung jajaran produk Sharp, hingga layanan purna jual yang dapat diandalkan.
Selain itu juga layanan terbaik juga diberikan Sharp dengan memudahkan pelanggan untuk menghubungi tim servis dan memantau titik gerai servis terdekat, melalui satu aplikasi terintegrasi bertajuk SHARP CS yang dapat diunduh melalui Apple Store dan Google Play Store.
Aplikasi yang telah diluncurkan sejak tahun 2014 ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan layanan purna jual dalam sekali sentuh. “Hanya dengan menentukan waktu yang diinginkan, dapat dipastikan teknisi Sharp akan hadir untuk memperbaiki produk pelanggan,” ujar Shigeo Noma.
Selain itu SHARP CS juga dilengkapi dengan fitur lain seperti pencarian titik servis terdekat dengan teknologi Augmented Reality (AR) , layanan registrasi garansi, hingga live chat dengan CS Officer Sharp yang akan menanggapi segala pertanyaan yang diajukan pelanggan mengenai produk. [riq]

Tags: