Trafik Komunikasi XL Axiata Diprediksi Naik Dikisaran 30 Persen

General Manager Sales Operation East Java XL Axiata East Region, Hiasinta H Paemboan saat menerangkan antisipasi lonjakan trafik komunikasi XL Axiata. [Achmad tauriq/bhirawa]

(Natal dan Tahun Baru)
Surabaya, Bhirawa
Menjelang Natal dan Tahun Baru, XL Axiata East Region telah mensiagakan tim bekerja 24 jam, baik di pusat pemantauan jaringan, maupun di lapangan. Sebab diperkirakan dalam moment tersebut trafik telekomunikasi bakal mengalami kenaikkan 20% sampai 30%.
Menurut General Manager Sales Operation East Java XL Axiata East Region, Hiasinta H Paembonan saat dikonfirmasi Bhirawa, Kamis (21/12) kemarin mengungkapkan pihaknya akan mempertahankan performa layanan supaya tetap prima.
“Kami telah mensiapkan beberapa Mobile BTS di beberapa titik, sebab kami prediksikan untuk layanan data bakal melonjak 60% hingga 65%, untuk layanan voice bisa jadi naik 10%. Sedangkan untuk layanan SMS menurun hingga 75% karena pelanggan sudah cukup berkomunikasi lewat aplikasi chat seperti WhatsApp, LINE, BBM dan lainnya,” jelasnya.
Hiasinta menambahkan, momen liburan Natal dan Tahun Baru biasanya mengalami kenaikan trafik seperti di area pusat-pusat keramaian di perkotaan dan lokasi wisata. Untuk itu XL Axiata terus memantau supaya bisa bergerak cepat jika terjadi sesuatu.
“Infrastruktur jaringan milik XL Axiata hingga kini masih mumpuni layani kenaikan trafik semua layanan terutama data, sekaligus menjaga kualitas khususnya di area East Region. Di tahun 2017 ini telah memiliki lebih dari 3.600 BTS 4G mencakup Jawa Timur, Bali dan Lombok. Untuk BTS 3G terdiri lebih dari 5.250 mencakup Jawa Timur, Bali, Lombok dan Sumbawa serta Nusa Tenggara Timur untuk menangani 16 juta pelanggan,” terangnya.
Sedangkan 16 juta pelanggan, 60%nya merupakan pengguna data, jumlah ini melonjak sebesar 27.9% jika dibandingkan dengan periode yang sama 2016. Sedangkan untuk revenue data, naik 34.1% di periode yang sama, hal ini disebabkan kenaikan traffic data sebesar 57%. [riq]

Tags: