2045, Prediksi Pakar Kopi Alami Kelangkaan, UMKM Diminta Seriusi Bisnis Kopi

Kepala perwakilan BI Jatim Difi Ahmad Johansyah saat bicara keuntungan berbisnis kopi

Surabaya,Bhirawa
Prediksi pakar bahwa kopi pada tahun 2045 akan mengalami kelangkaan bahkan terancam punah. hal tersebut dikarenakan ada kecenderungan manusia penggila kopi hampir seluruh dunia pada gandrung ko,pi tak terkecuali adalah negeri kita Indonesia mulai dari kota sampai ke pelosok desa sama sama jadi penggemar kopi, dimana mana ada kedai kopi sampai pada tingkat cafe di daerah perkotaan.

Dikatakan Kepala perwakilan BI Jatim Difi Ahmad Johansyah ini adalah kesempatan emas untuk melirik berbisnis kopi, dengan kondisi yang ada sudah barang tentu membuka dan menjadikan peluang yang sangat mengutungkan apapun dilakukan terkait dengan persoalan kopi.

Untuk Jatim, lanjut Dif, peluang itu cukup menjajnikan selain banyaknya kebun kopi yang ada di daerah yang memiliki Tk ll cukup luas ini juga ada kebun kopi peninggalan Belanda yang cukup banyak, diantaranya seperi yang ada di Wonosalam Jomabang. , Hanya saja kebun peninggalan Belanda ini perlu diremajakan agar nantinya hasil kopi dari Jatim bisa bersaing bukan hanya di dalam negeri namun juga ke luat negeri.

Peremajaan ini tentunya bukan hanya di Wonosalam Jombang saja namun semua kebun kopi yang ada di Jatim sehingga Jatiim .akan memiliki kebun dan penghasil kopi yang handal dan membanggakan, hanya saja yang perlu diperhatikan menurutnya bagaimana menjaga kualitas mulai dari kemasan, dan terutama rasa , kemudian tidak kalah penting nya adalah cara penyajian dan meramu kopi sehingga akan menghasilkan kopi yang benar benar nikmat dan berciri khas.

Pakar kopi andalan Wonosalam Jombang Bambang Sriyono mengakui, bahwa pertkembangan kopi di Wonosalam maku pesat uang sebelumnya kopi dari Wonosalam ini bukan siapa siapa dan tidak dilirik sama sekali , namun kini Wonosalam sudah mendunia ‘Bahkan Starbuck puluhan ton ambil kopi dari Wonosalam’ paparnya bangga.

Hanya saja lanjutnya, sesuai dengan perjanjian yang ada kalau kita ingin melihat kopi yang kita jual ke Starbuck bentuk aslinya sudah hilang karena sudah mereka olah sedemikian rupa sesuai selra Starbuck,”,” tandasnya.(ma)

Tags: