Bantuan untuk Warga Miskin di Kelurahan Bisa Dicairkan

4 Camat, 28 Lurah dikumpulkan di Setda Sidoarjo. Terkait pencairan bantuan bagi warga miskinnya. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Warga miskin yang tinggal di wilayah Kelurahan di 4 Kecamatan, di Kab Sidoarjo, sebelum Lebaran 1442 H tahun 2021, bisa mencairkan bantuan dari Pemkab Sidoarjo.

“Bantuan ini hanya khusus untuk warga miskin terdampak Covid-19, yang tinggal di wilayah kelurahan saja,” jelas Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Sidoarjo, Drs Imam Mukri Affandi MM, Senin (3/5) kemarin, dalam koordinasi dengan 4 Camat dan 28 Lurah di Kab Sidoarjo.

Empat Kecamatan yang ada di Kab Sidoarjo itu yaitu Kec Porong, Kec Sidoarjo, Kec Krian dan Kec Taman. Untuk tiap kelurahan, bantuan disiapkan maksimal untuk 100 orang warga miskin. Mereka akan mendapat bantuan berupa uang Rp300 ribu tiap bulan, mulai Bulan April sampai Bulan Desember 2021.

“Penerima syaratnya tidak masuk dalam DTKS dari Dinas Sosial,” kata Imam. “Syarat lainnya, warga miskin ini kehilangan pekerjaan akibat Covid-19, juga mempunyai keluarga yang rentan sakit,” lanjut Plt Camat Sidoarjo itu.

Kasubag Bina Pemerintahan Kecamatan Bagian Pemerintahan Pemkab Sidoarjo, Vira Murti Krida Laksmi SSTP MAP, menambahkan bantuan pada tahun 2020 diwujudkan dalam Sembako. Pada tahun 2021 diwujudkan uang, karena dinilai lebih praktis.

“Dana sudah kami transfer lewat Bank Jatim. Sekarang warga segera membuat rekening, yang akan difasilitasi gratis oleh Bank Jatim,” kata Vira.

Diakuinya, penerima tiap kelurahan berbeda-beda. Paling banyak sampai 98 orang keluarga penerima manfaat. Kecamatan yang banyak menerima ada di wilayah Kec Sidoarjo dan Kec Taman.

Karena di dua kecamatan itu jumlah penduduknya padat. “Tiga kelurahan di kecamatan Porong tidak dapat bantuan. Karena warganya sudah pindah. Sebab menjadi korban lumpur Lapindo,” tambah Vira.

Tiga kelurahan itu adalah Kelurahan Jatirejo, Kelurahan Siring dan Mindi. “Pada Bulan Mei ini, akan dicairkan bantuan pada Bulan April dan Mei. Bisa dicairkan Minggu ini atau Minggu depan sebelum Lebaran,” kata Vira. [kus]

Tags: