Antisipasi Narkoba, Anggota Polres Nganjuk Dites Urine

Anggota Polres Nganjuk melakukan tes urine untuk mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba di kalangan POLRI.(ristika/bhirawa)

Kab.Nganjuk, Bhirawa
Polres Nganjuk melaksanakan pemeriksaan urine terhadap 155 personil. Pemeriksaan urine bagi personil jajaran Polres Nganjuk ini sebagai wujud kepeloporan dalam rangka mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di lingkungan anggota Polri.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya anggota PolresNganjuk yang terindikasi positif menggunakan Narkoba dan sejenisnya. Sehingga apabila diketahui ada indikasi anggota yang mengkonsumsi Narkoba akan dilakukan langkah-langkah atau proses yang sesuai dengan hukum yang berlaku di lingkungan Polri.
Petugas Petugas daru Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk melakukan pemeriksaan terhadap urine anggota PolresNganjuk . Satu persatu prajurit Polri mulai dari bintara, dan perwira menyerahkan air seninya untuk dilakukan pemeriksaan.
Kapolres Nganjuk AKBP Joko Sadono melalui Paur Humas Iptu Samsul mengatakan, tes urine tersebut merupakan kegiatan Polres Nganjuk sebagai upaya untuk menciptakan Kabupaten Nganjuk bebas dari penyalagunaan Narkoba.
Dikatakan Samsul, Narkoba sekarang sudah menjalar di semua elemen mulai dari remaja, PNS dan anggota Polri hingga karyawan swasta. ”Langkah dari Polres Nganjuk untuk mendeteksi sejak dini penyalahgunaan Narkoba, maka kegiatan tes urine akan dilakukan secara periodik terhadap semua personil di jajaran Polres Nganjuk,” terang Samsul.
Samsul juga mengungkapkan, hasil tes urine dari BNN akan diserahkan ke Kapolres Nganjuk. Sehingga bila ada anggota jajaran Polres Nganjuk yang positif Narkoba maka kerahasiaanya akan tetap terjaga. Sementara untuk tindakan rehabilitasi terhadap anggota POLRI yang positif sebagai pengguna Narkoba maka Polres akan melakukan koordinasi dengan BNN Nganjuk. “Hasil tes urine dari anggota Polres Nganjuk sifatnya rahasia dan hanya akan disampaikan ke Kapolres. Untuk selanjutnya dilakukan rehabilitasi atau dijatuhi sanksi tergantung kebijakan Kapolres,” pungkas Samsul. [ris]

Tags: