Digelar Secara Mendadak Guna Deteksi Dini Narkoba

Kapolres Situbondo AKBP Sugandi saat menyerahkan urin yang diikuti dirinya bersama semua personil polisi kepada tim dokter. [sawawi/bhirawa]

(Ratusan Personil Polres Situbondo Jalani Tes Urine)
Situbondo, Bhirawa
Mapolres Situbondo secara mendadak menggelar pemeriksaan tes urin kepada seluruh anggota Polri dan ASN kemarin. Selain di ikuti oleh personil Polres Situbondo juga diikuti oleh jajaran Polsek se-Situbondo. Tes urine ini dilakukan usai mengikuti apel pagi di halaman Mapolres Situbondo.
Kapolres Situbondo AKBP Sugandi mengatakan, tes urine dilakukan secara mendadak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Pemeriksaan urine ini dilakukan langsung setelah apel pagi, katanya, murni bertujuan untuk mendeteksi dini penyalahgunaan narkoba bagi anggota Polri dan ASN Polres Situbondo. “Semua personil polisi mengikuti tes urine. Termasuk para pejabat utama, Kapolsek dan juga saya selaku Kapolres. Hasilnya langsung bisa kita ketahui dan semua negatif,” ujar Kapolres Sugandi.
Masih kata Kapolres Sugandi, ratusan anggota yang mengikuti tes urin di gedung indoor Mapolres Situbondo dipantau dengan pengawasan Unit Propam. Semua polisi, ujarnya, diarahkan untuk diambil sampel urine guna pengecekan terhadap penggunaan narkoba. Yang jelas, kata mantan Kapolres Pacitan itu, tes urin tidak hanya diikuti personil bintara semata, jajaran perwira juga mengikuti tes urine semua,” papar pria dengan dua melati dipundaknya itu.
Lebih lanjut Kapolres Sugandi mengatakan, pemeriksaan urin dilakukan secara bertahap sebagai bentuk antisipasi agar seluruh anggota polisi tidak terlibat dengan narkoba. Kegiatan ini, terangnya, berkat adanya kerja sama Urkes Polres Situbondo dengan Rumah Sakit Bhayangkara Bondowoso. “Kegiatan tes urin ini secara berjenjang akan kami gelar secara rutin setiap waktu,” papar Kapolres Sugandi.
Sementara itu, penanggung jawab kegiatan tes urin Rumah Sakit Bhayangkara Bondowoso, dr Irwan Danu mengatakan, anggota polisi yang ikut tes urin seluruhnya tercatat 177 anggota polisi. Jumlah itu, ujarnya, termasuk personil Polri dan ASN dan hasilnya semuanya negatif dari penggunaan narkoba. “Hasil pemeriksaan semua urin personil polisi dan kalangan ASN yang berdinas di jajaran Polres Situbondo, hasilnya negatif,” kupas dr Irwan Danu. [awi]

Tags: