Aktivitas Digital Masyarakat Dorong Pertumbuhan Trafik Layanan Data Telkomsel

Momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU 2020/2021), Telkomsel mencatatkan trafik layanan data atau payload yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar 36,61 petabyte.

Surabaya, Bhirawa
Mengawali 2021, Telkomsel memperdalam perannya sebagai connectivity enabler untuk melanjutkan inisiatif optimalisasi jaringan broadband dan layanan yang dilakukan saat momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU 2020/2021).

Tercatat selama periode tersebut, trafik layanan data atau payload Telkomsel yang dimanfaatkan masyarakat mencapai sekira 36,61 petabyte. Lonjakan trafik komunikasi data tersebut mempertegas wujud nyata komitmen Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital yang terus bergerak maju menghadirkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses produk dan layanan berbasis digital.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengungkapkan melalui jaringan broadband Telkomsel berteknologi terdepan yang andal, terluas, dan merata sepanjang 2021 nantinya.

“Kami sangat antusias bisa kembali menghadirkan semangat yang membuka banyak peluang guna membuka tahun yang baru bersama masyarakat di seluruh penjuru negeri. Telkomsel bersyukur tetap dipercaya untuk dapat mendampingi pelanggan dalam memaknai momen pergantian tahun dengan rasa sukacita melalui ketersediaan produk, layanan, dan konektivitas yang andal, walau di tengah masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan seperti saat ini. Semoga, tahun 2021 memberikan harapan dan semangat baru bagi kita semua akan kehidupan yang lebih baik serta mendorong optimisme serta motivasi untuk memenuhi berbagai resolusi ke depan melalui tindakan nyata berdampak positif,” terangnya, Rabu (6/1).

Setyanto menambahkan Telkomsel mencatat berbagai temuan penting mengenai trafik komunikasi selama momen NARU 2020/2021. Jika dibandingkan dengan hari biasa di tahun 2020, trafik komunikasi khusus di momen hari raya Natal 2020 mengalami peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan data/digital dengan kenaikan payload sebesar 7,77 persen. Sedangkan jika dibandingkan dengan hari Natal 2019, trafik data di hari Natal 2020 pun tumbuh sekira 45,98 persen.

Lonjakan trafik komunikasi layanan data di hari Natal 2020 tersebut didorong dengan peningkatan akses layanan digital dari hari biasa, yakni melalui akses browsing yang naik hingga 14,4 persen, layanan streaming video sebesar 9,12 persen, layanan media sosial sebesar 7,85 persen, layanan berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) mencapai 6,26 persen, serta layanan aplikasi/situs media daring yang juga naik sebesar 4,61 persen.

Sementara untuk trafik komunikasi sepanjang periode momen hari raya Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021, terjadi pertumbuhan trafik komunikasi layanan data (payload) sebesar 13,15 persen jika dibandingkan dengan rerata payload pada hari normal 2020, dengan total payload yang mencapai 36,61 petabyte.

Jika dibandingkan dengan periode NARU 2019/2020, trafik layanan data yang dibukukan tahun ini naik 53,28 persen. Diketahui juga bahwa 1 Januari 2021 menjadi puncak dari peningkatan trafik layanan data yang terjadi pada momen NARU 2020/2021.

Pencapaian tersebut juga didorong dari perubahan perilaku pelanggan yang semakin kuat mengadopsi layanan digital untuk mendukung aktivitas keseharian. Tercatat terjadi pertumbuhan tingkat akses terhadap sejumlah layanan digital seperti layanan e-commerce yang mencapai 26,55 persen.

Aplikasi berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) yang melonjak hingga 17,58 persen, lonjakan akses browsing naik sekira 17,31 persen, layanan media sosial yang tumbuh sebesar 14,28 persen, penggunaan layanan hiburan digital streaming video sebesar 12,22 persen.

Serta eskalasi aktivitas mobile gaming mencapai 10,79 persen. Seluruh peningkatan tersebut merupakan perbandingan antara aktivitas pelanggan saat NARU 2020/2021 dengan rerata hari biasa sepanjang 2020.

Telkomsel juga menemukan sejumlah aplikasi digital seperti Telegram, Netflix, MAXstream, TikTok, WhatsApp, dan Instagram sebagai enam platform yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap trafik penggunaan layanan data secara umum.

Secara keseluruhan, platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan dengan proporsi 30,19 persen dari total jenis layanan berbasis data yang diakses selama momen NARU 2020/2021, diikuti video, communications, games, dan e-commerce yang secara berurutan memiliki proporsi 28,27 persen, 19,58 persen, 2,64 persen, dan 1,85 persen.

Menurut Setyanto pencapaian tersebut menunjukkan peningkatan tren video streaming secara keseluruhan serta semakin tumbuhnya minat pelanggan untuk menikmati hiburan digital berkelas dunia dan berkualitas yang disajikan MAXstream, untuk mengisi waktu liburan NARU 2020/2020.

Selain itu, angka tersebut juga menunjukkan akan adanya kebutuhan pelanggan untuk terus terhubung dengan kerabat terdekat melalui berbagai macam saluran, terlebih momen pergantian tahun ini masih harus dirayakan dengan memaksimalkan aktivitas digital dan pertemuan virtual sebagai dampak untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

“Kami sangat mengapresiasi dan semakin terinspirasi karena ragam inovasi layanan digital dari Telkomsel nyatanya dapat berguna dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini semakin memacu kami untuk menghadirkan inovasi layanan berbasis digital yang lebih memberikan dampak dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat di setiap fase kehidupan,” jelas Setyanto. [riq]

Tags: