BPN Sidoarjo Layani Jemaah Masjid Agung

Kepala BPN Nandang Agus Taruna memberikat sertifikat yang sudah jadi kepada warga.(achmad suprayogi/bhirawa)

Kepala BPN Nandang Agus Taruna memberikat sertifikat yang sudah jadi kepada warga.(achmad suprayogi/bhirawa)

Sidoarjo, Bhirawa
BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kantor Kabupaten Sidoarjo, memberikan layanan keliling masyarakat di desa-desa. Selain itu juga memberikan layanan jemput bola di kawasan Masjid Agung Sidoarjo, usai salat jumat.
Kepala BPN Sidoarjo Ir Nandang Agus Taruna saat dihubungi, Minggu, mengatakan kalau pelayanan kepada masyarakat mengenai pertanahan ini dapat dinikmati oleh semua kalangan. Kita telah memberikan pelayanan proaktif, menggunakan satu unit mobil layanan Larasita (Layanan Rakyat untuk Sertifikat Tanah) kepada masyarakat di kawasan Masjid Agung Sidoarjo.
“Pelayanan proaktif kita itu berupa penerimaan, permohonan, penyerahan sertifikat, juga penyuluhan kepada masyarakat maupun kegiatan lainnya,” katanya.
Ia juga menjelaskan jika layanan proaktif itu hanya dilakukan sehari saja. Namun tidak menuntut kemungkinan, jika permintaan dan antusias warga semakin banyak, dimungkinkan pelayanan jemput bola akan dilakukan berkala, dan berkeliling. Semua layanan yang biasa dilakukan di kantor BPN bisa dilakukan di Larasita, baik pengambilan produk, maupun pelayanan. “Tergantung layanannya, kalau penghapusan, pelayanannya bisa dilakukan secara cepat,” tegas Nandang Agus Taruna.
Tercatat sebanyak 30 orang yang ingin mengajukan permohonan balik nama sertifikat atau mengurus sertifikat. “Kantor BPN Sidoarjo selama Desember ini, targetnya telah terlampui, yakni sekitar 13 ribu pemohon. Sedangkan target BPN Sidoarjo hanya 12 Ribu pemohon perbulan,” ungkapnya.
Salah satu warga yang mengajukan permohonan sertifikat, Zainal Arifin mengaku senang adanya bentuk pelayanan seperti ini, kita sangat terbantu. Karena sebelumnya, dirinya mengaku sangat kesulitan mengurus sertifikat tanahnya.  [ach]

Tags: