Daftar BPJS Kesehatan Bisa Lewat Telepon

Kota Malang, Bhirawa
Masyarakat Kota  Malang kini bisa mendaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dengan mudah. Pasalnya  pendaftarannya kini bisa melalui Virtual Service atau melalui telepon, tidak harus mengantri dan datang secara fisik.
Kepala BPJS Kesehatan Malang, Hendry Wahjuni, kepada sejumlah wartawan Senin  (15/5) kemarin, mengatakan penambahan fasilitas pendaftaran tersebut dilakukan sebagai strategi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri, menjadi peserta BPJS.
“Calon peserta tidak perlu antre panjang di Kantor BPJS,  bagi mereka calon peserta kategori mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan 150004 400,” kata Hendry Wahjuni. Namun sebelum melakukan pendaftaran virtual service, calon peserta harus menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Diantaranya nomor kartu keluarga, nomor KTP masing-masing anggota keluarga, alamat email, nomor rekening, serta nomor telepon.
“Selain itu, calon peserta juga sudah harus menentukan jenis kelas perawatan, serta fasilitas kesehatan yang akan dipilih, dengan cara itu akan memangkas antrian, calon peserta, “tuturnya.
Dijelaskan dia, rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan agent akan menjadi bukti pendaftaran. Setelah itu, nomor virtual account akan dikirim ke ponsel dan email calon peserta.
Usai mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari, setelah mereka secara resmi menjadi terdaftar sebagai peserta BPJS.
“Sejak pembayaran pertama tersebut kartu peserta telah aktif, BPJS Kesehatan akan mengirim kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah diinformasikan saat mendaftar,” paparnya.
BPJS Kesehatan Malang berharap jumlah kepesertaan BPJS bisa mengingkat dengan terobosan ini. Saat ini, jumlah peserta BPJS Kesehatan Malang sebanyak 1,8 juta peserta, targetnya 2,1 juta peserta di akhir tahun 2017.
“Selain penambahan pelayanan melalui virtual service, kami juga melayani pendaftaran di mall. Intinya kami ingin  mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga semua bisa terlayani dan menajadi anggota BPJS kesehatan,” pungkas Hendry.
Pelayanan keanggotaan BPJS Kesehatan melalui telepon, disambut baik oleh masyarakat. Ini sangat membantu karena tidak harus datang sendiri ke kantor BPJS Kesehatan. Sukamto, warga Kedungkandang Kota Malang, mengakui sangat terbantu jika ada kebijakan tersebut. Awalnya dia merasa kesulitan kalau harus mengantri, tetapi dnegan adanya kebijakan ini dia akan mendaftarkan seluruh keluarganya untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan.
“Kebijakan ini sangat membantu kami,” tuturnya. [mut]

Tags: