Dorong Lahirnya Wirausahawan Sosial, Digital dan Kreator Lokal

Teman Kreasi Pekalongan sekaligus founder Pasar Sayoor, Syaroful Azka bersama Head of Community Development Smartfren, Dani Akhyar, Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra dan Smartfren Community Bojonegoro, Didik Jatmiko dalam peluncuran Teman Kreasi Indonesia.

Surabaya, Bhirawa
Memperkuat dukunganya terhadap produsen, wirausahawan dan kreator lokal, Smartfren telah meluncurkan program Teman Kreasi Indonesia. Program ini menjadi sarana pemberdayaan berkelanjutan yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat.

Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra mengungkapkan dengan menggunakan prinsip kokreasi yang saling mendukung, Teman Kreasi Indonesia diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan sosial, wirausahawan digital, serta kreator lokal di Indonesia.

“Kehadiran Teman Kreasi Indonesia adalah bukti bahwa sinergi antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang menuju Indonesia yang lebih baik. Kami yakin Teman Kreasi Indonesia dapat menjadi medium memperkuat ketahanan ekonomi serta pendidikan berbasis digital,” terangnya, Minggu (28/3).

Roberto menambahkan apalagi Smartfren memiliki keunggulan berupa koneksi internet yang 100% 4G LTE yang sangat penting dalam mendukung pengembangan wirausaha berkonsep digital dan sosial.

Head of Community Development Smartfren, Dani Akhyar mengatakan peluncuran Teman Kreasi Indonesia adalah tonggak bagi upaya Smartfren mewujudkan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dan internet.

“Saat ini program ini telah hadir di 24 kota, dengan dukungan dari Smartfren Community dan partner kokreasi Smartfren WOWLabs. Kami selalu terbuka dan aktif mencari kota-kota lain yang ingin bergabung sebagai keluarga Teman Kreasi Indonesia, serta bersama-sama membuka peluang baru,” jelasnya.

Program Teman Kreasi Indonesia berjalan melalui dukungan yang sinergi antara Smartfren, WOWLabs dan Smartfren Community. Smartfren sebelumnya telah meluncurkan WOWLabs sebagai platform kokreasi untuk generasi konten dan melahirkan berbagai produk edisi terbatas.

Adapun karya terbaru kokreasi tersebut berupa jersey pesepeda dari Common Spot dan Show The Monster, akan dijual dan sebagian hasilnya digunakan sebagai modal pendukung kegiatan Teman Kreasi Indonesia.

Sementara itu peserta program Teman Kreasi Indonesia mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online.

Dengan dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 100 kota di seluruh wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100% lokal sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat.

Saat ini Teman Kreasi Indonesia telah hadir antara lain di wilayah Natuna, Lampung, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Cilegon, Serang, Bekasi, Bandung, Bandung Barat, Garut, Cibungur, Tegal, Kuningan, Pekalongan, Cilacap, Blitar, Bojonegoro, Pati, Tanah Laut, Mojokerto, Surabaya dan Bali.

Rencananya Smartfren akan menghadirkan program tersebut di berbagai wilayah lain yang sudah dijangkau oleh Smartfren Community. Produk yang dihasilkan dari program Teman Kreasi Indonesia ini antara lain berupa kuliner lokal seperti keripik gedebog pisang, keripik daun jeruju, keripik jantung pisang, kopi robusta, ledre.

Bagi pelaku wirausaha atau mereka yang ingin mengembangkan wirausaha berbasis digital dan sosial dapat mengikuti akun Instagram resmi @SmartfrenCommunity, @TemanKreasi_id atau menghubungi info@temankreasi.id. [riq]

Tags: