PT XL Axiata Tbk Fokus Perusahaan Layanan Digital

Foto: ilustrasi

Surabaya, Bhirawa
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menegaskan untuk berfokus menuju perusahaan layanan digital (digital-focused company), untuk itu pihaknya akan meningkatkan pengembangan jaringan Data yang lebih kuat, segmentasi pasar yang terfokus, serta menjadi penyelenggara Data pilihan pelanggan.
“Kami memahami perubahan perilaku pelanggan dalam berkomunikasi, dari semula menggunakan telepon dan SMS, kini menggunakan layanan data untuk berkomunikasi. Dari berbagai data dan analisa informasi yang ada, kami yakin pertumbuhan di masa mendatang hanya akan datang dari bisnis layanan data dan layanan digital,” ungkap Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini saat dikonfirmasi Bhirawa, Senin (3/4) kemarin.
Dian menambahkan, membangun kapabilitas pada bisnis data adalah kunci bagi XL untuk bisa tumbuh lebih baik di di masa mendatang. Bahkan trafik layanan data selama 5 tahun terakhir terus tumbuh cukup signifikan.
“Peningkatan penggunaan layanan data ini tidak terlepas dari tersedianya perangkat ponsel pintar (smartphone) dengan harga yang semakin terjangkau oleh masyarakat luas, serta berbagai pilihan paket layanan data yang bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan (daya beli),” jelasnya.
Sedangkan trafik data diproyeksikan akan terus tumbuh yang didorong oleh pertumbuhan tingkat penggunaan layanan internet cepat 4G LTE yang lebih cepat dari prediksi.
Sementara pada tataran operasional, XL akan terus melanjutkan implementasi strategi 3R (Revamp,  Rise, Reinvent) sebagai landasan bisnis dengan meningkatkan eksekusi transformasi di tahun 2017.
Dengan Revamp the Core atau strategi mengubah, pihaknya akan melanjutkan pengembangan jangkauan dan peningkatan kualitas jaringan. Rise Up The Value  Ladder atau strategi meningkatkan, maka XL akan membangun model bisnis berbasis layanan Data.
“Reinvent Way to Play in Data atau strategi menciptakan, perusahaan akan membangun solusi telekomunikasi dan digital melalui Digital Service,” terangnya.
Selanjutnya, sebagai perusahaan digital manajemen XL juga akan melakukan langkah penyelarasan rencana digitalisasi dengan simplifikai bisnis. Digitalisasi akan dilakukan dalam 3 kategori.
Pertama, pada kategori customer centricity dengan menyederhanakan semua produk layanan yang sebelumnya cukup kompleks menjadi lebih simpel dan personalized sesuai kebutuhan masing-masing pelanggan. [riq]

Tags: