Konsumsi Ikan di Sidoarjo di Atas Jatim

M Sholeh

M Sholeh

Sidoarjo, Bhirawa
Produksi ikan di Kab Sidoarjo berlimpah, sebab daerah delta ini dekat dengan laut dan banyak terdapat tambak. Ini menjadikan konsumsi ikan masyarakat Sidoarjo berada diatas rata-rata konsumsi ikan di Jatim.
Berdasarkan data Dinas Kelautan Perikanan Sidoarjo, konsumsi ikan masyarakat Jatim rata-rata 23 kg per kapita per tahun dan konsumsi ikan masyarakat Sidoarjo 27 kg per kapita per tahun. Sedangkan konsumsi ikan nasional rata-rata 31 kg per kapita per tahun. ”Kalau bisa kita meniru negara Jepang, tingkat konsumsi ikannya 74 kg per kapita per tahun,” kata Sholeh, kemarin.
Karena warganya banyak makan ikan, Negara Jepang termasuk negara yang paling sehat di dunia. Ini membuat angka harapan hidup warganya tinggi. Selain Jepang, negara lain yang juga masuk nominasi negara sehat adalah Perancis dan Islandia.  Warga negaranya juga banyak mengkonsumsi ikan.
”Alangkah baiknya kalau masyarakat Sidoarjo juga gemar makan ikan, sehingga tingkat konsumsi ikan masyarakat¬† Sidoarjo terus meningkat,” kata Sholeh.
Karena itu, menurut Sholeh, gemar makan ikan memang harus disosialisasikan sejak dini. Sehingga nanti saat dewasa, anak-anak sudah terbiasa makan ikan.
Seperti yang baru-baru ini dilakukan SMP Al Falah, Delta Sari, Waru, dengan menyediakan jajanan di kantinnya menu-menu berbahan dari ikan. Seperti baksao, siomai, naget dan lainnya. Anak sekolah menurut Sholeh, sangat cocok jika banyak mengonsumsi ikan. Karena untuk meningkatkan pertumbuhan fisik dan meningkatkan kecerdasannya. [ali]

Tags: