Kota Batu Berpotensi Jadi Pilot Project Layanan Publik Kemenpan RI

Kepala Dispendukcapil Batu, Maulidiono (kiri) saat memberikan pantauan terhadap pelaksanaan pelayanan publik di OPD yang dipimpinnya

(Warga Kota Batu Dimanjakan Layanan 3 in 1)
Kota Batu,Bhirawa
Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disependukcapil) terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan pada masyarakat. Untuk memberikan kemudahan pengurusan identitas kepada ibu melahirkan, mereka membuat program 3 in 1 (Three in One). Dengan program ini, seorang ibu yang baru melahirkan bisa mendapatkan Kartu Keluarga (KK), Akte, dan Kartu Identitas Anak (KIA) tanpa harus datang ke Kantor Dispenukcapil.
“Tak hanya tanpa datang ke Kantor Dispendukcapil, ketiga surat di atas (KK, Akte, KIA) akan dikirimkan petugas kita (Dispendukcapil) ke Rumah Sakit tempat ibu tsb melahirkan,”ujar Kepala Dispendukcapil, Maulidiono, Selasa (14/11).
Untuk mendapatkan layanan 3 in 1, katanya, seorang warga bisa mengisi perubahan berkas kependudukannya melalui aplikasi on line (internet) milik Dispendukcapil Kota Batu. Setelah perubaan data kependudukan yang dibutuhkan dilengkapi, petugas langsung memprosesnya. Dan tak perlu menunggu hingga beberapa hari, hanya dalam hitungan jam warga tersebut akan segera mendapatkan 3 identitas kependudukan yang baru.
Layanan cepat juga diberikan warga kepada warga yang datang ke Kantor Dispendukcapil. Semua layanan kepenudukan bisa diterima warga dan selesai dalam waktu tak lebih dari 30 menit. “Karena itu ‘Hanya 30 Menit’ menjadi slogan kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,”tambah Maulidiono.
Pemberian layanan cepat dan mudah ini membuat Kota Batu diwacanakan menjadi Pilot Project Pelayanan Publik oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI. Dalam pekan ini, dua petugas Kemenpan RI sengaja diturunkan ke Kota Batu untuk memberikan penilaian. Dan penilaian tidak bisa direkayasa karena Petugas Kemenpan tersebut mendatangi masyarakat langsung tanpa perantara Pemkot Batu.
“Mereka membuat kuisioner yang diberikan dan disebar kepada warga sebagai responden, berkaitan dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Pemkot Batu. Dan saat ini kita belum tahu hasil dari penilaian tersebut,”tambah Kabid Pendaftaran Kependudukan Dispendukcapil Batu, Kamim Utomo.
Dan terkait penilaian Kemenpan RI ini, jelas Kamim,pihaknya juga terus melakukan perbaikan pelayanan kependudukan bagi Warga Batu. Di antaranya, penyediaan ruang pelayanan yang representatif, sarana pra sarana, kualitas SDM yang ramah dan bekerja cepat.
“Dan ke depan, dalam layanan kependudukan ini juga akan disedikan tempat bermain anak, toilet, dan juga ruang informasi,”pungkas Kamim.(nas)

Tags: