Layanan Kurang Maksimal, Dewan Gresik Segera Panggil BPJS

Foto Ilustrasi

Gresik, Bhirawa
Mulai munculnya keluhan atas pelayanan Badan Penyelengara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) dari masyarakat peserta BPJS mendapat perhatian serius dewan. Sehingga DPRD Kab Gresik mengagendakan dalam waktu dekat memanggil untuk hearing.
Menurut Ketua Komisi IV DPRD Gresik, Khoirul Huda mengatakan, laporan masyarakat atas pelayanan BPJS sudah banyak. Baik pelayanan maupun yang lainya, sehingga dewan segera bersikap. Sebab penguna BPJS merupakan amanah UU yang harus dilayani dengan baik.
Sehingga BPJS harus mengoptimalkan sosialisasi hingga ke tingkat pelosok desa, bahkan tingkat RT maupun RW. Dengan BPJS menggandeng pemerintahan desa, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat secara umum terkait BPJS. Ini dilakukan, untuk meminimalisasi masalah yang timbul.
”Penguna BPJS jangan sampai bingung saat membayar, maupun menuntut haknya untuk mendapat pelayanan. Terlebih saat berobat yang merupakan kebutuhan pokok karena ikut BPJS, keluhan ini menandakan sosialisasi yang kurang tepat sasaran dan maksimal,” ujarnya.
Dalam beberapa Sidak yang sudah dilakukan, sebenarnya sudah menghimbau dan menekankan kepada BPJS. Supaya memaksimalkan sosialisasi dan melakukan pelayanan dengan baik. Agar masyarakat yang belum ikut BPJS bisa dengan sendirinya ikut tanpa harus di beritahu. Sebab yang ikut BPJS, selama ini banyak dari pekerja dan masyarakat masih minim.
Ditambahkan Khoirul Huda, dalam waktu dekat akan dipanggil untuk hearing. Komisi akan tanyakan secara runtut kinerja dan pelayananya, sebab keluhan dari masyarakat penguna BPJS masih banyak. [kim]

Tags: