Manfaatkan IT untuk Dukung Pelayanan, PDAM Tirta Taman Sari Raih Penghargaan Nasional

PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun berhasil meraih Juara 3 Digitalisasi Layanan Pelanggan kategori Kota Sedang dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi). Tampak Wali Kota Madiun, Maidi secara langsung menerima penghargaan dari Ketua Umum Pengurus Pusat Perpamsi Lalu Ahmad Zaini, Rabu (5/10).

Kota Madiun, Bhirawa
Pemanfaatan teknologi informasi tidak hanya membuat layanan PDAM Tirta Taman Sari kepada pelanggan menjadi lebih efektif dan efisien. Tapi juga mengantarkan perusahaan umum milik daerah Kota Madiun ini diganjar penghargaan nasional. Rabu (5/10), PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun berhasil meraih Juara 3 Digitalisasi Layanan Pelanggan kategori Kota Sedang atas penghargaan yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi).

Prosesi penyerahan penghargaan berlangsung di Jakarta Convention Center. Wali Kota Madiun Maidi pun hadir secara langsung untuk menerima penghargaan dari Ketua Umum Pengurus Pusat Perpamsi Lalu Ahmad Zaini. “Dengan penghargaan ini artinya pelayanan publik PDAM kita kompetitif,” kata Wali Kota Madiun, Maidi.

Karenanya, orang nomor satu di Kota Pendekar itu berpesan kepada PDAM Tirta Taman Sari untuk terus meningkatkan kinerja. “Melalui penghargaan ini artinya ada kepercayaan dari masyarakat. Ini peluang untuk meningkatkan kemajuan,” imbuhnya.

Kepada jajaran direksi PDAM, Wali Kota juga tak lupa berpesan untuk senantiasa belajar dari yang terbaik. “Hari ini Surabaya yang terbaik. Kita tidak boleh malu untuk belajar. Ke depan, targetnya kita yang terbaik,” tandasnya.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun, Suyoto Harjo Wiyono menyatakan, pemanfaatan IT telah mempermudah layanan terhadap masyarakat. Terutama, dalam hal pengaduan masalah instalasi pipa air. “Melalui aplikasi ini, pengaduan bisa langsung diteruskan ke teknisi dan langsung ditindaklanjuti,” ujarnya.

Seperti diketahui, PDAM Kota Madiun telah menjalin kerja sama dengan PDAM Tugu Tirta Kota Malang terkait pemanfaatan Total System Solution (ToSS). Tidak hanya pengaduan masalah, pemanfaatan IT juga digunakan dalam hal pembayaran air. “Sehingga, masyarakat di manapun berada bisa melakukan pembayaran tanpa harus datang ke kantor PDAM,” katanya.[dar.ca]

Tags: