PNS Kelurahan di Sidoarjo Dilarang Bicara Kasar

PNS petugas pelayanan publik di kelurahan dan kecamatan di Kab Sidoarjo, kemarin, mendapat bimbingan teknis cara memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat )

PNS petugas pelayanan publik di kelurahan dan kecamatan di Kab Sidoarjo, kemarin, mendapat bimbingan teknis cara memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat )

Sidoarjo, Bhirawa
Sebagai abdi masyarakat, PNS di Kab Sidoarjo diminta memberikan pelayanan dengan baik pada masyarakat. Maka saat melayani masyarakat, PNS Sidoarjo dilarang berbicara kasar, sebaliknya harus bisa berkomunikasi dengan santun dan murah senyum.
”Komunikasi itu penting, kelihatannya remeh tapi bisa membikin masalah besar,” ujar Asisten Adiministrasi, Kissowo Sidi SH MH, saat membuka bimbingan teknis pada petugas pelayanan publik di kelurahan dan kecamatan se Kab Sidoarjo, Selasa ( 24/3) kemarin, di Ruang Delta Karya Setda Sidoarjo.
Diakui Kissowo, tiap tahun pemerintah selalu melakukan pembenahan terhadap pelayanan publik. Tapi meski ada kekurangan namun harus tetap dibenahi. ”Kita harus terus bersemangat dengan hati yang tulus, mencari terobosan yang kreatif, agar bisa melayani tuntutan masyarakat,” ujarnya.
Kelemahan yang kerap dikeluhkan masyarakat, diantaranya sistim pelayanan yang diterapkan dianggap sulit, pelayanan yang berbelit-belit, tidak transparan dan lain sebagainya. Menyikapi itu, petugas pelayanan publik diminta untuk tak menutup mata. Harus kreatif dan inovaitif mencari solusi perbaikan. Pelayanan yang baik pada masyarakat, menurut Kissowo, akhirnya juga akan bisa menumbuhkan citra dan kepercayaan yang bagus dari rakyat pada pemerintah.
Sementara itu, Widayati Ahmad, Direktur House of Quality Indonesia, suatu lembaga pengembangan SDM juga lembaga sertifikasi standart mutu ISO, secara manusiawi orang akan senang dengan petugas pelayanan yang murah dengan senyum.
Lain dengan petugas yang selalu cemberut, menurut mantan pramugari Singapore Airline itu, akan membuat orang menjadi takut sehingga pelayanan pada masyarakat mendapat penilaian negatifi masyarakat.
Sedangkan Kepala Bagian Organisasi Pemkab Sidoarjo, Drs Ahadi Yusuf MSi menambahkan, pembinaan pada petugas pelayanan publik di Sidoarjo seperti itu, merupakan tekat dari Pemkab Sidoarjo untuk bisa melayani masyarakat agar lebih baik. ”Ini menunjukkan kalau Pemkab Sidoarjo punya komitmen untuk meningkatkan pelayanan publiknya dengan baik pada masyarakat di semua sektor,” kata Yusuf. [ali][

Tags: