Targetkan Dua Juta Pengunjung Tahun Ini, KBS Kebut Revitalisasi

KBS terus berbenah melakukan revitalisasi segala aspek untuk menggaet pengunjung tahun ini. [dok bhirawa]

KBS, Bhirawa
Pengelolaan Kebun Binatang Surabaya (KBS), sejak diambil alih oleh Pemkot Surabaya pada 2013 hingga sekarang terus mengalami perubahan, kemajuan dan peningkatan dari segala aspek.
Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Khoirul Anwar mengatakan sejak ditangani pemkot, jumlah pengunjung KBS terus meningkat dari tahun ke tahun. Sejak 2016, kata dia, jumlah pengunjung mencapai 1.360.000 pengunjung, sedangkan pada 2017 mencapai 1.571.000 pengunjung.
Melihat peningkatan tersebut, direksi optimistis pada 2018 KBS meningkatkan jumlah pengunjung dengan target dua juta pengunjung. “Target kita sampai akhir 2017 sekitar 1.571.000 dan itu sudah melebihi target. Pada 2018 kami berani menargetkan dua juta pengunjung,” kata Khoirul dalam rilis, Kamis (11/1).
Khoirul menambahkan, peningkatan pengunjung juga dibarengi dengan peningkatan jumlah satwa yang terus menanjak jumlahnya terhitung sejak 2017 hingga awal 2018. Total secara keseluruhan mencapai 3.296 satwa dengan jumlah 297 spesies.
“Di awal revitalisasi pihak manajemen KBS telah melakukan pengembangan revitalisasi pembangunan blocking area primata berbentuk bangunan jembatan untuk selfie anak. Pengadaan untuk alat-alat pendukung juga akan dilakukan, seperti area untuk penyajian dan formulasi makanan,” katanya.
Revitalisasi yang akan digarap KBS, pada 2018, akan melakukan pengembangan di beberapa zona salah satunya BWE (Breakfast With Elephant). “Nantinya, di zona ini, pengunjung akan dimanjakan dengan naik di atas pelana gajah, berjalan memulai rute tracking, lengkap dengan kostum mirip seorang raja,” ujarnya.
Selain itu, pihak KBS juga melakukan beberapa revitalisasi kandang hewan diantaranya kandang hewan komodo, harimau, burung Aves dan pulau bekantan. Baginya, penampilan ketiga kandang hewan tersebut harus diubah dan dipercantik konsep kandangnya untuk menarik minat pengunjung dan mengajak orangtua lebih mudah mendekatkan sekaligus mengenalkan hewan-hewan tersebut kepada anak-anaknya.
Khoirul mengatakan, manajemen KBS akan menambah wisata play land dan central park. Dijelaskan Chairul, untuk play land dikhususkan bagi anak-anak dengan suasana outbond namun lebih mengarah ke sisi edukasi. Sedangkan central park lebih seperti tempat bersantai bagi anak-anak. [dre]

Tags: