Teluk Lamong Dilengkapi Peralatan Modern

13-Crane-Modern--Terminal-Teluk-LamongSurabaya, Bhirawa
Menjelang beroperasi pada bulan September, Teluk Lamong terus melakukan pembenahan, salah satunya adalah dengan melengkapi perlatan modern yakni Crane buatan Fiinland  ini berkecepatan 35 box/jam.
Dirut PT Terminal Teluk Lamong Prastyadi yang dijumpai di ruang kerjanya mengatakan, bahwa peralatan. Buatan Finlandia yang akan dioperasikan pelabuhan Teluk Lamong serba modern karena bila dinandingkan dengan yang lama bisa irit 50%.”Crane buatan Fiinland¬† ini berkecepatan 35 box/jam untuk nasional, sedangkan untuk internasional, twin lift bisa 60 ton. Maksimal/jam dan dikalikan 24 jam,” Papar Prasetyadi, Senin (12/5).
Untuk mencegah kemacetan yang akan ditimbulkan oleh kontainer keluar masuk, pasca peresmian operasional Lamong bay atau terminal modern bertaraf internasional Teluk Lamong, Pelindo III telah luncurkan Automatic Container Transporter (ACT) yang diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan belum lama. Bahkan Dahlan meminta,  dengan adanya alat berkecepatan 40 km/jam ini maka tidak ada lagi keluhan kemacetan dari masyarakat yang disebabkan oleh kontainer yang keluar masuk Teluk Lamong.
Kalau melihat jalan akses ke Teluk Lamong untuk terminal internasional sekelas terminal modern dengan pelatan serba canggih itu masih sangat sempit kanan kirinya, mestinya memang harus secepatnya ada pelebaran jalan atau dibangun jembatan susun untuk mengatasinya.
Namun melihat padatnya penduduk asli sepertinya agak susah juga, sehingga Pelindo III mempersiapkan ACT agar tidak menimbulkan kemacetan baru. “Insya Allah dengan dioperasikannya ACT ini maka kemacetan bisa dicegah sedini mungkin,” katanya. [ma]

Tags: