Think Women Lecut Perempuan UMKM Maju Lewat Melek Digital

Usaha Think Women majukan perempuan

Surabaya, Bhirawa
Siapa sangka, bahwa peran perempuan di era ekonomi digital berdampak besar dalam pemulihan perekonomian nasional dengan merintis berbagai bisnis dan memaksimalkan platform online. Hal ini diperkuat oleh hasil riset Meta bersama Bank Dunia dan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2019, yang mencatat bahwa 39% pengguna akun bisnis dalam platform Facebook terdiri dari perempuan, dan 90% pengusaha perempuan yang bergabung di Facebook menyatakan bahwa perkembangan bisnis mereka terbantu oleh media sosial, bahkan saling memberikan dukungan kepada sesama pengusaha perempuan.

Sebagai hasil dari penggunaan platform online sebagai strategi bisnis yang dikelola oleh perempuan, Kementerian Koperasi dan UMKM melansir, sekitar 50% usaha mikro dan kecil di Indonesia digerakkan dan dimiliki oleh perempuan.

Akan tetapi, di tengah perkembangan dan tuntutan untuk mengembangkan bisnis, faktanya perempuan masih sering menghadapi kesulitan akses modal usaha dan dinilai kurang memiliki tingkat literasi digital yang memadai, sehingga menjauhkan perempuan dari perkembangan digital yang mampu membantu meningkatkan bisnis, bahkan potensi meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB).[ma]

Tags: