Produk UMKM Kabupaten Lamongan Masuk Retail Modern

Produk UMKM Lamongan yang saat ini sudah masuk retail modern.(Alimun Hakim/Bhirawa).

Lamongan, Bhirawa
Bertepatan dengan momen Hari Kebangkitan Nasional, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Wakil Bupati KH.Abdul Rouf melaunching produk Usaha Mikro Kecil Menengah Lamongan yang kini sudah masuk di retail modern, Kamis (20/5). Produk UMKM Lamongan yang resmi didistribusikan dan dijual di retail modern ditandai dengan penandatanganan sertifikat launching dan pelepasan merpati.

Diungkapkan Bupati YES, ada sekitar 50 an produk UMKM Lamongan yang diseleksi dan hasilnya saat ini 16 produk sudah masuk di retail modern. “Saya yakin, produk IKM Lamongan ini tidak akan mengecewakan, Lamongan sudah terkenal dengan ibu-ibu yang kulinernya luar biasa. Sebelum masuk retail modern ini produk dites dulu, diseleksi, dilihat bagaimana prospeknya juga. Dari sekitar 50 an produk yang dimasukkan ada 16 produk yang hari ini sudah masuk,” ungkap YES.

YES menambahkan, produk UMKM Lamongan ini tidak hanya dipasarkan di Lamongan, namun juga di tempat lain. Oleh karena itu, YES berharap produk Lamongan tidak hanya berhenti sampai di sini, namun bisa terus update, mengikuti pasar, serta ketersediaan produk juga harus rutin.

“Jangan sampai nanti sudah kerjasama, permintaannya besar, terus tidak siap. Jadi ini sudah dipertimbangkan dengan berbagai hal dan tidak hanya dipasarkan di Lamongan. Terima kasih, ini in-line dengan gerakan ayo beli produk Lamongan yang substansi dan tujuannya adalah bagaimana supaya penjualan ataupun omset penjualan IKM Lamongan bisa meningkat,” tambah YES.

Enam belas produk Lamongan yang berhasil masuk retail modern yakni produk Bu Bintang Krupuk Trasi, Jajanan Ibu Kembang Goyang, Jajanan Ibu Kuping Gajah, Jajanan Ibu Pastel Mungil, Twinfood Jackfriut Coffee, An-Nur Kopi Rempah, An-Nur Wedang Pokak, Kirana Teri Krezz, Jajanan Ibu Kerupuk Ikan Tengiri, Snackchat Akar Kelapa, Baloon Ladu Sing Cemilan Kekinian, Snackchat Gapit Ketan Rasa Banwang, 2R Ting-Ting Rasa Original, 2R Kripik Singkong Ayam Panggang, Jozz Emping Melinjo, dan Palupi Soes Kering Original.

“Kami titip produk IKM dan UMKM Lamongan, agar terus bisa berkembang untuk menyongsong kebangkitan ekonomi di Kabupaten Lamongan khususnya, di Jatim, dan utamanya di Negeri Nusantara yang kita cintai ini,” tutup YES.

Ditambahkan Branch Manager dari retail modern yang bekerjasama dengan UMKM lokal Lamongan, Veronica Gratiawati, bahwa untuk masuk ke retail modern perusahaannya disortir melalui 6 poin, yakni telah didaftarkan di Disperindag Lamongan, bersertifikat halal, mencantumkan expired date, memiliki PIRT, dicek komposisi dan gramasi, serta melalui uji kemasan.

Veronika mengungkapkan, selain dilakukan pengecekan rasa konsistensi barang juga diperlukan, jangan sampai permintaan tinggi namun barang tidak tersedia,” ungkapnya.[aha,yit]

Tags: