27.804 Pelajar SMP Siap Ikuti UN 2014

Perwakilan siswa-siswi mulai SD hingga SMA saat ikrar kejujuran dalam pelaksanaan ujian nasional 2014. [achmad suprayogi/bhirawa]

Perwakilan siswa-siswi mulai SD hingga SMA saat ikrar kejujuran dalam pelaksanaan ujian nasional 2014. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Sebanyak 27.804 siswa-siswi yang terdiri dari SMP 225 lembaga negeri dan swasta se Kab Sidoarjo siap mengikuti Ujian Nasional(UN) 2014 hari ini. Diantara persiapan yang dilakukan selain belajar dengan baik, berdoa dan berikrar kejujuran juga telah dilakukan.
Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kab Sidoarjo, Drs Mustain Baladan MPd I, pelajar di Sidoarjo telah siap mengikuti UN 2014. Bukan hanya anak-anak setingkat SMP yang siap, anak-anak setingkat SMA juga sudah siap dan sudah melakukan UN pekan lalu. Kini giliran anak-anak setingkat SMP yang UN, berikutnya disusul anak-anak setingkat SD.
”Hingga kini para siswa sudah siap untuk menghadapinya. Secara formal siswa-siswi itu sudah diberi materi pembekalan-pembekalan makalah tentang UN. Diantaranya mengenai kisi-kisi UN, bahkan tryout di tingkat kabupaten hingga tryout di sekolahnya masing-masing,” jelas Mustain.
Untuk mencapai nilai yang sangat memuaskan, bagi seluruh siswa-siswa se Kab Sidoarjo mulai siswa setingkat SD hingga SMA telah melakukan ikrar bersama-sama di Pendopo Kab Sidoarjo disaksikan  Bupati Sidoarjo dan jajaran terkait. Tujuannya agar para siswa yang mengikuti UN siap dengan belajar yang baik dan jujur dalam mengerjakan UN.
Sementara itu, menurut Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Tirto Adi, mereka yang terlibat dalam UN dan pengawasannya cukup banyak sekali. Kalau ditingkat Rayon sebanyak 168 orang yang dibagi dalam beberapa sub rayon, untuk tingkat SD/MI SD/MI sebanyak 18 sub rayon, SMP sebanyak 33 sub rayon, SMA 14 sub rayon, SMK 9 sub rayon, MTs 4 sub rayon, sedangkan untuk MAnya sebanyak 4 sub rayon.
Sedangkan persiapan naskah UN sebanyak 380 boks juga sudah didistribusikan ke 18 Mapolsek masing-masing, dengan pengawalan Ketua Sub Rayon dan petugas Kepolisian secara ketat. ”Untuk penataan kursi serta persiapan-persiapan pemasangan nomor UN juga sudah diselesaikan, hingga mensterilkan ruangan sebagian sekolah juga sudah dilakukan mulai hari Sabtu (3/5),”ujarnya. [ach]

Rate this article!
Tags: