BI Bakal Gelar Java Coffee Culture, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Berkelanjutan

Upaya bangkitkan ekonomi kreatif.

Surabaya, Bhirawa.
Perkembangan ekonomi saat ini telah dihadapkan pada sejumlah tantangkonoi rkonomi kreatif, baik secara global maupun domestik. Hal ini membuat penggalian new source of growth salah satunya ekonomi kreatif menjadi penting untuk menopang pemulihan ekonomi agar dapat tumbuh lebih kuat, seimbang, inklusif dan berkelanjutan. Oleh karenanya Bank Indonesia hadir dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif khususnya komoditas unggulan kopi, dalam gelaran Java Coffee Culture (JCC) 2022 yang akan diselenggarakan pada 26-27 November 2022 di Jalan Tunjungan dan Hotel Majapahit

Budi Hanoto – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dalam kegiatan media briefing menyampaikan bahwa sebagai bentuk kontribusi nyata dalam mendorong peningkatan komoditas unggulan kopi, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Java Coffee Culture (JCC) 2022 dengan tema “Beyond a Cup of Coffee”. Selain itu, kegiatan ini merupakan tindak lanjut Komiten Bank Indonesia bersama dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam menghidupkan kembali ekonomi kreatif di Kawasan Jalan Tunjungan.

Melalui tema ini, JCC 2022 akan membawa Kopi Jawa sebagai komoditas unggulan nasional, meningkatkan value added Kopi Jawa dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif yang berkelanjutan, serta memperkuat rantai nilai Kopi Jawa (termasuk ekosistem UMKM Syariah) untuk go global dan go digital secara end-to-end.

Lebih lanjut Budi Hanoto menyampaikan bahwa kegiatan JCC diharapkan mampu mendukung : (1) peningkatan eksposur, daya saing, dan penjualan domestik maupun ekspor komoditas kopi, (2) diversifikasi produk olahan dan jasa Kopi, serta (3) penguatan linkage komoditas kopi.

Budi Hanoto – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dalam kegiatan media briefing menyampaikan bahwa sebagai bentuk kontribusi nyata dalam mendorong peningkatan komoditas unggulan kopi, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Java Coffee Culture (JCC) 2022 dengan tema “Beyond a Cup of Coffee”. Selain itu, kegiatan ini merupakan tindak lanjut Komiten Bank Indonesia bersama dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam menghidupkan kembali ekonomi kreatif di Kawasan Jalan Tunjungan.

Melalui tema ini, JCC 2022 akan membawa Kopi Jawa sebagai komoditas unggulan nasional, meningkatkan value added Kopi Jawa dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif yang berkelanjutan, serta memperkuat rantai nilai Kopi Jawa (termasuk ekosistem UMKM Syariah) untuk go global dan go digital secara end-to-end.

Lebih lanjut Budi Hanoto menyampaikan bahwa kegiatan JCC diharapkan mampu mendukung : (1) peningkatan eksposur, daya saing, dan penjualan domestik maupun ekspor komoditas kopi, (2) diversifikasi produk olahan dan jasa Kopi, serta (3) penguatan linkage komoditas kopi.

Selanjutnya untuk showcasing UMKM, JCC 2022 melibatkan berbagai UMKM binaan Bank Indonesia se-Jawa dengan total mencapai 40 UMKM. Berbagai jenis produk kopi beserta turunannya akan disajikan dan tentunya Tester Kopi untuk pengunjung agar bisa merasakan citarasa kopi nasional. Showcasing ini nantinya akan diikuti oleh berbagai stakeholder kopi dari hulu hingga hilir (PTPN, Export Center, Komunitas Kopi, dst) dengan total sebanyak 40 (empat puluh) booth.

Dalam rangka menyemarakkan acara, ajang JCC 2022 juga menyuguhkan berbagai kompetisi menarik yang dapat diikuti oleh peserta umum dengan kategori lomba kekinian seperti Latte Art, Cover Song, Coffee Culture Video, dan Kreasi Jajanan Kopi Jawa. Sebagai puncak acara JCC 2022, Pesona Kopi Jawa menjadi puncak acara Java Coffee Culture (JCC) 2022 pada tanggal 27 November 2022 di Jalan Tunjungan. (ma.hel)

Tags: