BRI Kuncurkan CSR Rp5.9 M untuk Alun-Alun

Alun alun Kota Malang

Alun alun Kota Malang

Malang, Bhirawa
Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Malang diperuntukan revitalisasi Alun-alun Merdeka Kota Malang. Besaran CSR yang diberikan untuk revitalisasi Alun-alun Merdeka sebesar Rp5.9 miliar.
Pimpinan  BRI Wilayah Malang, Mardiwibawa,  kepada wartawan usai mengikuti peletakan batu pertama revitalisasi Alun-alun Merdeka Kota Malang, Senin (8/12) kemarin, mengutarakan, CSR untuk alun-alun ini merupakan CSR yang pertama.
“CSR ini, diberikan untuk  melakukan revitalisasi alun-alun dengan harapan masyarakat Kota Malang dan sekitarnya bisa menikmati alun-alun yang merupakan icon Kota Malang,” tukas Mardiwibawa.
Pemberian CSR  untuk pembangunan alun-alun ini, lanjutnya, sebagai bentuk keperdulian BRI kepada masyarakat. Karena BRI bisa menjadi besar seperti sekarang ini lantaran masyarakat Kota Malang juga.
“Nasabah BRI di Kota Malang ini sangat besar, bahkan kalau kami hitung secara mayoritas, masyarakat Kota Malang ini merupakan nasabah BRI, makanya tak salah kalau BRI memberikan CSR untuk kemaslahatan masyarakat Kota Malang,” tuturnya.
Diakui Mardiwibawa, CSR untuk revitalisasi alun-alun Kota Malang ini, sudah direncanakan sejak tahun 2013 lalu, hanya saja ada desain yang harus disepakati bersama antara BRI dan Pemkot Malang, sehingga baru bisa dilakukan peletakan batu pertama Senin (8/12) kemarin.
Selain itu, proses pengajuan CSR itu, tetap harus disampaikan pada BRI Pusat. BRI Malang hanya menyampikan saja, sedangkan persetujuan pencairan dana CSR tetap dilakukan BRI Pusat.
Mardiwibawa menambahkan, BRI merupakan bank yang paling besar CSR-nya, biasanya  CSR diberikan untuk lembaga-lembaga Pendidikan, Panti Asuhan, Masjid dan Mushola makanya CSR yang untuk  pembangunan alun-alun ini merupakan CSR yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.
“Kalau CSR untuk sekolahan dan  masjid sudah biasa. Yang untuk alun-alun baru kali ini. Tetapi prinsipnya hidup itu harus manfaat, kalau revitalisasi alun-alun ini bermanfaat bagi masyarakat, itu pasti akan dilakukan,” imbuhnya.
Sementara saat ditanya kompensasi apa yang akan didapat BRI, pada revitalisasi Alun-alun Kota Malang ini. Mardiwibawa menegaskan, BRI tak akan minta kompensasi apapun, bahkan branding produk BRI juga tidak. ”Kami tak minta kompensasi apapun, semua untuk masyarakat. Jadi CSR yang kita berikan ini murni untuk kemaslahatan masyarakat, BRI tak ingin mengambil keuntungan dari program ini,” tambah dia.
BRI, lanjutnya hanya akan membuat satu drive thru ATM untuk memudahkan masyarakat  mengambil uang. Jadi kalau ada masyarakat yang butuh mengambil uang tunai bisa langsung ke drive thru. Terkait dengan desain, alun-alun diakuinya telah disingkronisasikan dengan tokoh masyarakat. Semua kepentiangan telah diakomodir. Termasuk untuk menampung jamaah Masjid  Jami’ saat jamaahnya meluber.
“Semua sudah kita singkronkan, termasuk pohon-pohon pelindung yang ada tetap akan di biarkan tetapi akan dirapikan, agar alun-alun Kota  Malang ini semakin indah dan nyaman,” pungkasnya. [mut]

Tags: