Bupati Bojonegoro Kukuhkan HKDB

14-suyonoBojonegoro, Bhirawa
Bupati Bojonegoro, Suyoto mengukuhkan Himpunan Disabilitas Kabupaten Bojongoro (HDKB) di Desa Lengkong Kecamatan Balen, Kamis (13/3). Selain itu juga digelar  pelatihan keterampilan, sebanyak 21 anggota pengurus HDKB.
Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil DPRD, Suyuti dan Asisten 1 bidang Hukum dan Pemerintahan, Joko Lukito bersama sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Bojonegoro.
Pada kesempatan itu, Bupati Bojonegoro, Suyoto, mengajak kepada masyarakat untuk membangikitkan rasa kepedulian dan saling menghargai guna menggerakkan hidup.¬† ” Dengan begitu tidak ada perbedaan antara disabilitas dengan orang normal. Karena semua sama-sama bisa berproduktifitas untuk memberi sesama,” tegasnya.
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro, Adi Wijacksono, mengatakan, dengan adanya HDKB ini nantinya dapat mendorong para desabilitas untuk terus berusaha dan mandiri. Sehingga dapat memberikan karya kepada masyarakat luas.
“Di Kabupaten Bojonegoro terdapat sebanyak 500 desabilitas yang tersebar di 28 kecamatan. Dari jumlah tersebut sebanyak 450 disabilitas telah mendapatkan pelatihan keterampilan yang dimulai sejak tahun 1993,” jelasnya.
Menurutnya, masa jabatan HDKB lima tahun, nantinya mereka akan berupaya semaksimal mingkin untuk menjalankan organisasi terutama untuk peningkatan keterampilan anggota penyandang keterbatasan fisik.¬† “Pelatihan itu diantaranya bidang elektro, bordir, pijat dan keterampilan lainnya yang mampu menunjang keterampilan anggta HDKB,”terangnya.
Sementara itu, menurut Ketua HDKB pertama, Sanawi mengatakan, setelah dilantik nanti, HDKB akan mendata seluruh masyarakat Bojonegoro yang mempunyai keterbatasan. Dan untuk sekarang ini untuk anggota yang baru terakomodir sekitar 100 penyandang keterbatasan. [bas]

Rate this article!
Tags: