Komisi II DPRD Gresik Datangi Kantor PDAM Karena Banyak Keluhan

Komisi II DPRD Sidak di kantor PDAM Gresik

Gresik, Bhirawa.
Banyaknya, laporan masyarakat. Terkait pelayanan yang masih buruk oleh PDAM Gresik, baik air maupun distribusinya yang tersendat. Membuat komisi II DPRD, mendatangi Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta. Untuk menanyakan, progres layanan dan perbaikan saluran.
Menurut Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Gresik Markasim Halim Widyanto mengatakan, bahwa sidak dilakukan untuk menindaklanjuti laporan yang masuk. Banyak sekali laporan ke DPRD, terutama komisi II. Terkait pelayanan air yang kurang lancar, alias macet.
“Laporan masyarakat yang banyak soal kualitas air yang keruh, sehingga air praktis tidak bisa digunakan. Kondisi ini, pastinya menganggu aktifitas masyarakat yang mereka tergantung PDAM. Sehingga harus cari alternatif, air yang jernih dan harus mengeluarkan uang lagi. “Ujarnya.
Pelayanan PDAM yang seperti ini, dinilai masih kurang memuaskan. Hal ini, terus berulang belum ada tanda-tanda perbaikan. Kedatangan ke PDAM, dewan minta keseriusan agar persoalan bisa segera teratasi. Sebab, konsumen sudah memenuhi kuwajiban dengan membayar. PDAM, harus memenuhi dengan pelayanan dan kualitas air yang jernih.
Lanjut Markasim, terkait dengan air PDAM yang keruh. Dalam waktu dekat selain mendatangi PDAM, juga berencana memanggil sejumlah pihak terkait. Sebab, untuk bahan baku air PDAM juga membeli. Salah satunya Jasa Tirta, PDAM beli air dari mereka. Serta terkait pengawasan baku mutu air, adalah DLH.
“Nanti, akan ada titik temu kalau sudah duduk bersama untuk mengatasi masalah ini. Juga meminta kepada PDAM Giri Tirta, agar segera menyelesaikan tunggakan pemasangan meteran baru. Terutama orang yang sudah mendaftar cukup lama, karana masyarakat juga banyak yang mengeluh. Sudah daftar lama, tapi tidak kunjung dipasang. Dewan berharap jangan lama-lama, segera di pasar dan air juga di alirkan.”tambah Markasim
Senada juga dikatan oleh Anggota Komisi II DPRD Gresik Ahmad Kusrianto, bahwa persoalan PDAM tetap sama. Air macet dan kualitas air keruh, dalam sidak tadi kita sudah minta harus segera ada perbaikan. Sebab, masyarakat membutuhkan air dan pelayanan yang baik.
Sementara Dirut PDAM Giri Tirta Siti Aminatus Zariya mengatakan, bahwa segera menindaklanjuti apa yang disampaikan dewan. Terkait dengan air keruh, memang karena cuaca dengan intensitas hujan yang cukup tinggi. Sehingga, sedimen sungai ikut keangkat naik. [adv.kim]

Tags: