Korban Putting Beliung Jombang Tagih Janji Bupati

3-Bantuan Polisi-rur-1Jombang, Bhirawa
Warga Desa Brodot, Bandarkedungmulyo, Jombang yang menjadi korban puting beliung belum menerima bantuan untuk pembangunan rumah rusak. Sudah sepakan sejak musibah yang menimpa 138 rumah warga bantuan yang dijanjikan bupati belum juga turun.
Suji (57) salah satu warga yang menjadi korban, mengaku masih belum bisa memperbaiki rumahnya yang ambruk dan rata dengan tanah. Sehingga sejak kejadian putting beliung kemarin keluarganya terpaksa menginap di rumah saudaranya. ”Masih menginap di rumah saudara, karena bantuan yang dijanjikan untuk pembenahan rumah belum sama sekali turun. Jadi belum bisa memperbaiki,” ujarnya ditemui di rumahnya Selasa (2/12) kemarin.
Hal yang sama juga ditegaskan Efendy, yang sama sama mengungsi ke rumah saudaranya karena kondisi rumahnya juga porak poranda tak bisa ditempati. ”Kita berharap bantuan yang dijanjikan untuk perbaikan rumah bisa segera diturunkan,” katanya berharap.
Sementara itu, untuk bantuan lain berupa kebutuhan sehari hari diakuinya sudah banyak yang diberikan beberapa pihak. Salah satunya bantuan itu dari Polres Jombang.
Kepala Desa Brodot, Kec Bandar Kedungmulyo, Jombang, Fathan Aschori mengatakan, bantuan dari pemerintah daerah Kab Jombang untuk renovasi rumah warga belum diterima¬† warganya. ”Mungkin dua sampai tiga hari lagi. Sudah ada tim survei yang datang. Mudah-mudahan tak lama lagi sudah turun,” ungkapnya.
Berdasarkan catatan Pemerintahan Desa Brodot, bencana angin puting beliung di Desa Brodot menyebabkan kerusakan 138 rumah dan bangunan. 20 rumah mengalami kerusakan berat dan membutuhkan renovasi total. ”Catatan terakhir kami, ada dua puluh rumah yang membutuhkan perbaikan total,” kata Fathan Aschori.
Sementara itu, Jajaran Polres Jombang, mengirimkan bantuan untuk kebutuhan makanan sehari hari. Bantuan itu berupa 70 dus Mie Instan dan minuman ringan. ”Kami ingin meringankan beban para korban, sementara ini baru bantuan makanan dan minuman. Disamping bantuan tenaga untuk ikut membersihkan rumah rumah yang porak poranda,” ujar Kabag Ops Nur Hidayat di lokasi.
Terkait bantuan pembangunan, Nur Hidayat menambahakan pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah. ”Itu nanti ranahnya pemerintah daerah, yang jelas kita akan siapkan tenaga dari para anggota polisi untuk ikut membantu ketika melakukan perbaikan rumah penduduk,” pungkasnya mengatakan.
Sebagaimana diberitakan, Selasa pekan  lalu, angin puting beliung menerjang wilayah Desa Brodot, Kec Bandar Kedung Mulyo, Jombang, Peristiwa itu menyebabkan kerusakan 138 rumah dan bangunan. Pemkab Jombang menjanjikan membantu perbaikan rumah warga, baik yang mengalami kerusakan ringan, sedang hingga berat. [rur]

Keterangan Foto : Jajaran Polres Jombang memberikan bantuan makanan dan minuman bagi korban puting beliung di Desa Brodot Bandarkedungmulyo kemarin. Kabagops, Nur Hidyat memberikan kepada korban. [ramadlan/bhirawa]

Tags: