Pelayanan Batas Petir Antarkan Gresik Raih Penghargaan Top 99 Sinovik

Bupati Gresik saat menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Kab Gresik menjadi salah satu peraih penghargaan diajang Top 99 Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) terbaik di Indonesia dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MEnpan-RB). Penghargaan itu didapat atas inovasi pelayanan public di bidang kesehatan, yakni ‘Batas Petir’ atau Obati Sampai Tuntas Penderita Tuberculosis Multi Drug Resistant (TB MDR) yang dikembangkan RSUD Ibnu Sina Gresik.
Penghargaan diberikan langsung MenPAN-RB Syafruddin kepada Bupati Gresik Sambari Halim Radianto pada malam penganugerahaan Top 99 Sinovik di Shangri-La Hotel Surabaya, Rabu (19/9) malam lalu. Bupati merasa bersyukur atas penghargaan yang didapat. Penghargaan itu, menurutnya, merupakan buah kerja keras Pemkab Gresik melakukan inovasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
”Kami sangat bersyukur atas penghargaan inovasi Batas Petir yang dikembangkan RSUD Ibnu Sina Gresik. Ini buah kerja keras bersama masyarakat Gresik,” ujarnya.
Bupati Sambari optimis inovasi yang dikembangkan Pemkab Greaik saat ini, termasuk yang dikembangkan RSUD Ibnu Sina dapat dirasakan langsung oleh masyarakat manfaatnya. Bupati optimis, penanganan penderita TB MDR melalui ‘Batas Petir’ dapat meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka drop out pasien TB MDR. ”Inovasi Batas Petir ini mengobati pasien TB MD secara holistic,” tuturnya.
RSUD Ibnu Sina merupakan salah satu RS rujukan. Masyarakat di luar Gresik juga turut mendapat manfaat inovasi pelayanan Batas Petir ini.
Sementara itu, MenPAN-RB, Syafruddin mengatakan, kompetisi inovasi pelayanan public ini diadakan sejak tahun 2014. Tujuannya untuk mentransfer pengetahuan dan pengalaman. Tujuannya untuk mentransfer pengetahuan dan pengalaman antar instansi setiap daerah. Pihaknya juga ingin mencari inovasi lokal bersifat instansional yang bisa diterapkan secara nasional.
”Karena itu, inovasi pelayanan public harus terus digalakkan guna mempercepat peningkatan kualitas pelayanan public. Selamat kepada penerima penghargaan. Semoga dapat menambah motivasi untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat,” katanya. [eri/adv]

Tags: