Pemkab Sidoarjo Berupaya Tingkatkan Layanan Publik

Narasumber Zainal Arifin EMKA dan Aries Widoyoko sedang memaparkan materinya. [achmad suprayogi/bhirawa]

Narasumber Zainal Arifin EMKA dan Aries Widoyoko sedang memaparkan materinya. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Untuk meningkatkan pelayanan publik yang sesuai dengan Permen PAN-RB Nomor 17 tahun 2016 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2017. Pemkab Sidoarjo terus berupaya menuju langkah-langkah itu. Diantaranya dengan melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) evaluasi Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M).
Kegiatan yang dilakukan Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Pemkab Sidoarjo, Senin (5/12) kemarin diikuti seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah setempat, di Ruang Delta Karya Lt II Kantor Pemkab Sidoarjo. Dengan menghadirkan dua narasumber dari Civitas Akademika, Zainal Arifin Emka Dosen Akademi Wartawan Surabaya (AWS) dan Aries Wodojoko, ICPM praktisi broadcasting radio dan televise
Kabag Humas dan Protokol yang membawahi Sub Bagian Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kab Sidoarjo, H Machmudi Alie SH MH mengatakan kalau Rakor Koordinasi P3M ini untuk meningkatkan pelayanan publik sesuai dengan Permen PAN-RB Nomor 19 Tahun 2016. Sehingga seluruh kementerian/lembaga/pemerintah daerah diwajibkan mengikuti kompetisi ini.
Menurut Machmudi, P3M ini dibentuk sebagai pelayanan publik yang dijadikan role model nasional untuk diterapkan dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, dalam hal ini mempermudah komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat.
”Maka Pemkab Sidoarjo menjadikan hal ini sebagai prioritas pembangunan daerah. Jadi, upaya atau terobosan dalam pelayanan publik ini merupakan bagian yang sangat penting untuk memperbaiki mutu pelayanan publik di wilayah Pemkab Sidoarjo,” tegasnya.
Sementara itu, Kasubbag P3M M. Rofik SSos MM menambahkan, upaya ini untuk mendukung program pemerintah melakukan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik serta berkenaan dengan program One Agency One Inovation atau Gerakan Satu Instansi Satu Inovasi. ”Untuk itu, Pemkab Sidoarjo melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Kab Sidoarjo, mengadakan Rakoor P3M, guna meningkatkan Inovasi Pelayanan Publik, sebagai tindak lanjut evaluasi akuntabilitas kinerja dan integrasi sistem pengaduan masyarakat,” jelas Rofik. [ach]

Tags: