Ribuan Pendaki Rayakan Tahun Baru di Puncak Semeru

Puncak Semeru (1)Lumajang, Bhirawa
Puncak gunung Semeru yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang ternyata menjadi salah satu tujuan favorit  untuk merayakan pergantian tahun. Terbukti, dari data pada Kantor Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), gelombang pendaki yang berdatangan dari berbagai Provinsi di Indonesia.
Termasuk pendaki mancanegara sudah memenuhi jalur pendakian Gunung Semeru. ”Sepekan menjelang pergantian tahun, para pendaki dari berbagai daerah termasuk mancanegara mulai berdatangan ke Semeru,” kata DR Ir Ayu Dewi Utari, Msi, Kepala Balai Besar TNBTS.
Para pendaki ini, ada yang langsung datang ke Pos awal pendakian di Pos Resort Ranu Pane. Ada pula yang booking antrian pendakian melalui online. ”Sesuai data mulai hari ini, rata-rata 500 pendaki perhari sudah datang mendaftar pendakian di Pos Resort Ranu Pane,” jelasnya.
Ini data situasional yang terus akan bertambah. Banyaknya pendaki yang antre untuk menyusuri jalur pendakian Gunung Semeru ini, disebutkan Ayu Dewi Utari, sudah penuh hingga Januari mendatang. Untuk itu, lanjut Ayu Dewi, pihaknya mengatur jadwal pendakian ini, agar jalur pendakian tidak penuh yang bisa berdampak gangguan ekosistem, sampah dan kerusakan jalur itu sendiri. ”Kuotanya akan dibatasi 1.000 pendaki yang bisa naik ke Semeru setiap harinya,” ungkapnya. [yat]

Tags: