Sidoarjo Aman dari Pelecehan Seksual

5-Anak-SiagaSidoarjo, Bhirawa
Maraknya kasus pelecehan seksual yang menimpa anak-anak, membuat Wakil Bupati Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto SH MM turut memberikan solusi agar anak-anak diberi banyak kegiatan yang sifatnya tak membosankan, menghibur juga mendidik, bisa juga disalurkan melalui program-program gerakan Pramuka yang selama ini telah dilakukan Kwarcab Pramuka Sidoarjo.
Menurut Hadi Sutjipto yang juga sebagai Ketua Ka Kwarcab Kab Sidoarjo disela-sela pembukaan Persari (Perkemahan Sehari) yang dilakukan Kwarda Provinsi Jatim di  Alun-alun Kab Sidoarjo, Sabtu pagi (17/5), kalau kegiatan ini merupakan program Pramuka dari Strata Penggalang, Siaga dan Penegak. Ini bagian dari kegiatan seluruh Siaga Pramuka siswa kelas 3 dan 4 SD se Kab Sidoarjo. Kegiatan seperti ini bisa dijadikan rambu-rambu oleh para pembina agar Sidoarjo terbebas dari pelecehan seksual, seperti yang terjadi di JIS (Jakarta International School) Jakarta beberapa waktu lalu.
”Yang jelas di Sidoarjo tak ada kasus itu, aman dari pelecehan seksual yang lagi marak. Itupun tidak bisa lepas dari pengawasan semua pihak, mulai dari orangtua, guru sekolah maupun dari jajaran terkait lainnya,” katanya.
Disisi lain, kegiatan Persari yang mengambil tema Dengan Prestasi Pramuka Siaga Mencetak Generasi Berakhlak, aktif, kreatif dan Mandiri, ini diawali dengan kegiatan senam Pramuka oleh para siaga, dilanjutkan upacara pembukaan yang dipimpin Kak Singgih dari Kwarda Jatim.
Dalam sambutannya, Kak Singgih yang menjabat Wakil Ketua Kwarda Bidang Bina Muda Provinsi Jatim mengatakan dengan mengikuti perkemahan sehari ini diharapkan banyak hal-hal positif yang akan diperoleh oleh anak-anak. ”Kegiatan ini bertujuan antara lain mendidik siswa menjadi insan yang beriman, bertakwa, toleran, peduli sesama, kreatif, mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab,” katanya.
Selain akan memperoleh banyak ilmu dan pengalaman tentang bahtera kehidupan masa kini dan masa yang akan datang, acara ini juga bisa dijadikan sebagai ajang refresing yang menyenangkan bagi
anak-anak. ”Selesai upacara pembukaan, para pramuka siaga dengan dipandu oleh kakak-kakak dari Kwarcab Sidoarjo untuk mengikuti lomba, diantaranya yaitu lomba mendirikan tenda, game, memasak, melukis dan adzan,” pungkasnya. [ach]

Keterangan Foto : Aktif kegiatan seperti inilah membuat para pelajar ‘Siaga Pramuka’ tidak mudah terkena pengaruh jahat. [achmad suprayogi/bhirawa]

Rate this article!
Tags: