2016, Tol Gresik – Tuban Dibangun

Tol Gresik - TubanGresik, Bhirawa
Beberapa kemacetan di ruas jalan utama yang mengakibatkan roda ekonomi terhambat. Dalam waktu dekat bisa terurai, sebab tahun depan pemerintah pusat bakal membangun beberapa akses jalan berupa tol untuk menghubungkan beberapa kota di Jatim. Pembangunan ini diharapkan menjadi salah satu solusi kemacetan yang sering terjadi di beberapa titik.
Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab Gresik, Ir Tugas Husni Syarwanto, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkab Gresik pembangunan tol itu bakal dibangun di beberapa titik, diantaranya tol yang akan dibangun mulai dari Gresik dan berakhir di Tuban. Selain itu, juga ada rencana pembangunan tol untuk menghubungkan Bunder di wilayah kota dengan Legundi di wilayah selatan Kab Gresik.
”Anggaran rencana pembangunan beberapa tol, berasal dari APBN bukan APBD. Untuk detail pembangunan tol itu kami belum mengetahuinya. Yang jelas, tol yang bakal melewati Gresik adalah Tol Sumo yang saat ini masih dalam proses pembangunan, Tol Gresik-Tuban dan Tol Bunder-Legundi. Ini sangat membantu untuk mengurai kemacetan nanti,” ujarnya.
Dalam pembangunan tol itu, Pemkab Gresik. Bertugas dalam pembebasan lahan yang terbentuk dalam tim, sebagai fasilitasi dari masyarakat yang punya lahan terdampak jalan tol. Di harapkan nanti tak ada masalah, sebab pembebasan lahan selama ini cukup lama diselesaikan cepat karena persoalan tarik ulur soal harga.
Tugas Husni juga menjelaskan, untuk penggunaan tol anggaran APBD dipastikan tak ada sama sekali. Diharapkan masyarakat bisa menyadari, supaya tak saling bersikukuh sehingga proses pembangunan jalan tol itu cepat selesai. Sebab dengan adanya tol itu, lalu lintas dipastikan lancar, kemacetan yang menjadi biangnya pada jam sibuk bisa di uraikan.
Terpisah Wakil Ketua Komisi C DPRD Gresik, Moh Syafi’ AM mengatakan, keberadaan pembangunan jalan tol yang menghubungan Gresik-Tuban. Pihaknya sangat mendukung, karena  bisa menjadi salah satu solusi mengurangi kemacetan yang ada dibeberapa titik. ”Kami berharap tim pembebasan lahan yang dibentuk Pemkab Gresik bisa kerja maksimal. Sehingga tak memakan waktu lama, seperti yang lainya,” pungkasnya. [kim]

Rate this article!
Tags: