2017, Semua Anak Kota Batu Harus Sekolah

Suasana belajar-mengajar di salah satu SD di Kota Batu

Suasana belajar-mengajar di salah satu SD di Kota Batu

Kota Batu, Bhirawa
Pemerintah Kota Batu menargetkan tahun 2017 sudah tidak ada lagi anak Kota Batu yang tidak mengenyam pendidikan ataupun putus sekolah. Karena itu Dinas Pendidikan Kota ini menggratiskan semua biaya sekolah agar anak-anak tersebut mau bersekolah/ melanjutkan sekolah.
“Biaya sekolah sudah digratiskan semua. Jika perlu untuk seragam dan keperluan sekolah juga akan kami sediakan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Mistin, Kamis (28/7).
Terkait hal itu Dinas Pendidikan Kota Batu kini melakukan pendataan anak-anak yang belum dan putus sekolah. Pendataan ini penting untuk mengetahui jumlah pasti siswa yang belum sekolah.
“Tahun 2015 diketahui ada 72 anak tidak sekolah. Dan 50 persen di antaranya berhasil kami bujuk agar mau sekolah/ melanjutkan sekolah. Selebihnya menolak dengan alasan sudah bekerja,” jelas mantas Kepala Dinas Pariwisata ini.
Saat ini angka partisipasi siswa SD yang melanjutkam ke SMP hampir 100 persen. Namun, dari siswa SMP yang tidak melanjutkan ke SMA masih cukup besar. Untuk menyukseskan program ini, Dinas Pendidikan juga menggandeng sekolah swasta. Agar anak-anak putus sekolah ini mau bersekolah kembali.
“Kami tidak mau ada anak-anak Kota Batu berada di jalanan ataupun di rumah karena tidak bersekolah. Kami upayakan memberikan yang terbaik untuk anak-anak,” pungkas Mistin. [nas]

Tags: