2024, Bupati Situbondo Targetkan Pasang Ribuan PJU dan Pembangunan 3 Alun Alun

Bupati Situbondo Karna Suswandi saat memaparkan prioritas target pemasangan ribuan PJU di jalur Pantura Kota Santri Pancasila. [sawawi/bhirawa]

Pemkab Situbondo, Bhirawa.
Di tahun 2024 Bupati Karna Suswandi menargetkan Pemerintah Kabupaten Situbondo memasang ribuan titik lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalur pantura Situbondo. Bahkan, siap merampungkan realisasi pemasangan PJU pada tahun anggaran 2024.

“Pada tahun ini kami memastikan pemasangan PJU mulai dari Kecamatan Banyuputih (wilayah timur) sampai Banyuglugur (wilayah barat) rampung keseluruhan. Sepanjang jalur pantura diyakini bakal terang benderang,” ujar Bupati Karna Suswandi.

Selain itu, Bupati Karna juga mengatakan pada tahun 2024 ini juga terealisasi pembangunan infrastruktur, seperti Alun-Alun Situbondo, Asembagus (wilayah timur) dan Besuki (wilayah barat) Situbondo.

Tak hanya itu, kabar baik untuk masyarakat kabupaten Situbondo, pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Situbondo juga mengalokasikan anggaran sekitar Rp 27 miliar untuk pembangunan stadion baru, yakni Gelora Bung Karna (GBK) di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan. “Stadion baru ini nantinya mampu menampung atau berkapasitas ribuan orang,” beber mantan Kepala Dinas PUPP Kabupaten Bondowoso itu.

Salah satu PJU sudah terpasang di titik jalan raya Desa di Kabupaten Situbondo. [sawawi/bhirawa]

Orang nomor satu di Situbondo ini juga optimis PAD Kabupaten Situbondo bisa meningkat pada tahun 2025. Pasalnya, aku dia, Dalam kurung waktu 3 tahun terakhir ini PAD Kabupaten Situbondo meningkat 100 miliar dari sebelumya 200 miliar, naik menjadi 300 miliar.

“Untuk itu Pemerintah Kabupaten optimis PAD bisa meningkat menjadi 330 miliar pada tahun 2025. Diharapkan nanti Kabupaten Situbondo mampu menciptakan kemandirian fiskal,” kupas Bupati Karna.

Senada dengan Bupati Karna Suswandi, Wakil Bupati Nyai Khoirani menimpali program pembangunan infrastruktur terutama jalan sudah berjalan dengan baik. Namun demikian dirinya mengakui bahwa dalam waktu 3,5 tahun pembangunan masih belum merata.

“Dulu jalan ke Jatibanteng dan Sumbermalang rusak parah. Sekarang bisa dilihat jalan sudah bagus. Dahulu saya kesana jangankan bisa tidur, untuk duduk saja tidak nyaman. Sebaliknya saat ini saya sampai ketiduran. Bangun-bangun sudah sampai di Kecamatan Sumbermalang. Itu semua karena jalannya sudah bagus karena diperbaiki oleh Pemkab Situbondo,” pungkas Wabup Nyai Hj Khoirani. (adv.awi)

Tags: