3901 Anak Usia 6 Sampai 11 Tahun Di Jombang Divaksin Covid-19 Serentak

Vaksinasi Covid-19 bagi anak di beberapa sekolah yang dipantau oleh Asisten 1 Setdakab Jombang, Purwanto bersama sejumlah pejabat, Selasa (21/12). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Sebanyak 3901 anak usia 6 sampai dengan 11 tahun di sejumlah sekolah di Kabupaten Jombang dilakukan vaksinasi Covid-19 secara serentak pada Selasa (21/12). Secara keseluruhan, sebanyak 120748 anak ditargetkan bakal divaksin hingga bulan Januari 2022 mendatang.

Pada agenda vaksinasi anak secara serentak ini, Asisten 1 Setdakab Jombang, Purwanto yang mewakili Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab melakukan pemantauan jalannya vaksinasi di dua sekolah yakni, di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jombatan 4 dan SDN Jombatan 5, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Purwanto mengatakan, atas nama Bupati Jombang dirinya menyampaikan terima kasih kepada para orang tua siswa maupun kepada kepala sekolah dan para guru yang telah memberikan penyadaran kepada para siswa, sehingga para siswa dengan sukarela bersedia untuk menjalani vaksinasi.

“Dan berdasarkan pantauan kami, alhamdulillah mereka sangat antusias dan ‘kendel’ (berani). Bahkan keberanian mereka ini melebihi keberanian kami,” ungkap Purwanto.

Purwanto berharap, dari target 120478 anak yang direncanakan bakal divaksin, seluruhnya bisa tercapai, sehingga program pemerintah dalam rangka mengayomi masyarakatnya agar terhindar dari bahaya Virus Covid-19 dan varian lainnya benar-benar bisa terjadi di Kabupaten Jombang.

“Jenis vaksin yang digunakan yakni Sinovac. Jadi dari dinas kesehatan menginformasikan kepada kami, bahwasanya jenis vaksin yang diberikan adalah jenis Sinovac, dipastikan aman,” kata Purwanto menandaskan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, drg. Budi Nugroho mengungkapkan, untuk capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jombang per Senin (20/12) sore telah mencapai 81 persen. Sementara untuk dosis dua mencapai 64 persen.

“Untuk Lansia hari ini masih 69, 87 (persen). Harapan sama, Lansia juga 70 persen,” ucapnya.

Sebelumnya pada Senin (20/12) kemarin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Agus Purnomo menyampaikan, pihaknya menargetkan program vaksinasi anak-anak selesai pada januari 2022 untuk mendukung program nasional dan percepatan herd immunity di Kabupaten Jombang.

“Dengan adanya program tersebut kami meminta agar orang tua wali murid dapat mendukung program ini, sehingga nantinya sudah selesai, pertemuan tatap muka dapat dilakukan secara penuh tanpa perlu shift,” ungkap Agus Purnomo.(rif)

Tags: